Yayasan Puteri Indonesia

Yayasan Puteri Indonesia dan MRAT Gelar Perhelatan Akbar Pemilihan Puteri Indonesia 2022

Jakarta, 18 Mei 2022 – Yayasan Puteri Indonesia (YPI) didukung penuh oleh PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) kembali menggelar ajang tahunan Pemilihan Puteri Indonesia ke 25 tahun 2022 dengan mengusung  tema kekayaan budaya dan keindahan Borobudur. Hal ini sesuai dengan komitmen Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo untuk menjadikan Borobudur sebagai salah satu dari 5 destinasi pariwisata super prioritas yang dicanangkan oleh pemerintah.

Sebanyak 44 Finalis Puteri Indonesia dengan berbagai profesi mahasiswi, dokter, model, pengacara, public figure, karyawati dan pengusaha siap berkompetisi untuk memperebutkan 3 (tiga) mahkota Borobudur yang baru yang lebih mewah, agung dan mempesona persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT) untuk Puteri Indonesia 2022, yang terdiri dari Mahkota Merah untuk Puteri Indonesia, Mahkota Hijau untuk Puteri Indonesia Lingkungan dan Mahkota Biru untuk Puteri Indonesia Pariwisata.

44 finalis Puteri Indonesia dari 34 provinsi sudah berada di Jakarta untuk mengikuti press conference Pemilihan Puteri Indonesia 2022 yang diselenggarakan di Padang Room, Hotel The Westin Jakarta, Rabu (18/5).

Baca Juga : Presiden Jokowi Kunjungi Bu Mooryati Soedibyo

Hadir sebagai Panelis dalam Konferensi Pers Puteri Indonesia 2022, Penasehat Utama  Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang, Ketua Umum Yayasan Puteri Indonesia, Wardiman Djojonegoro, Director Marketing Communication Hotel The Westin Jakarta, Yudith Dwi Astuti, Head of Corporate Marketing and Communication OT Group, Harianus Zebua, Puteri Indonesia 2020, Rr. Ayu Maulida Putri, Puteri Indonesia Lingkungan 2020, Putu Ayu Saraswati dan Puteri Indonesia Pariwisata 2020, Jihane Almira Chedid dan pembawa acara dipandu oleh Puteri Indonesia Intelegensia II 2019, Anastasia Praditha dan Filipus Adimas.

Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan bahwa melalui ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2022 ini diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan dikalangan remaja puteri Indonesia terhadap potensi kekayaan budaya dan keindahan alam tanah air, khususnya di bidang pariwisata untuk memperkuat kebhinekaan bangsa bagi generasi muda. Kami ingin mendorong para remaja puteri Indonesia untuk mengembangkan potensi mereka melalui kreativitas  dan potensi yang beragam. Kami berharap melalui penyelenggaraan PPI 2022 ini dapat menjadi momentum yang tepat untuk mengangkat kembali Indonesia, khususnya dibidang pariwisata dan industri kreatif, ”  tutur Putri saat konferensi pers di Jakarta, (18/4).

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo yang telah menerima 44 finalis Puteri Indonesia 2022 sebagai representasi generasi muda penerus bangsa di Istana Kepresidenan Bogor beberapa waktu yang lalu,” jelas Putri.

Baca Juga : Menjaga Tubuh tetap Prima Setelah Idul Fitri

Selanjutnya, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang menjelaskan bahwa sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang kecantikan, jamu dan kesehatan selalu mendukung pemberdayaan dan kemajuan perempuan Indonesia melalui Pemilihan Puteri Indonesia.

“Pemilihan Puteri Indonesia merupakan komitmen PT Mustika Ratu Tbk sejak tahun 1992 yang bertujuan untuk membina remaja puteri Indonesia yang berprestasi agar dapat mengembangkan potensinya menjadi generasi penerus bangsa yang berperan aktif dan positif untuk memajukan produk produk asli buatan Indonesia, Mustika Ratu juga akan mempersembahkan produk Beauty Queen Series dan Bengkoang Series sebagai perawatan para puteri,” ujar Bingar Egidius

Pada saat karantina, 44 finalis Puteri Indonesia 2022 akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan diantaranya pembekalan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, pembekalan Kementerian Kordiantor Bidang Kemaritiman dan Investasi, pembekalan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pembekalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, pembekalan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK), Kelas Milenial bersama Kaesang Pangarep dan Anandita Makes, Beauty Class dan Product Knowledge bersama Mustika Ratu, kelas koreografi,  dan yang tak kalah menariknya penampilan finalis Puteri Indonesia pada acara Fashion Show Indonesia berbasis Budaya di lanjutkan dengan malam Seni dan Budaya serta Fashion Show Jakarta Muslim Fashion Week di Gandaria City  dan kegiatan lainnya.

Baca Juga : Ramaikan Hari Kartini, Mustika Ratu Gandeng Sarinah Gelar Kegiatan

Selama menjalani serangkaian masa karantina, para finalis  menginap dan mendapatkan pelayanan dan kenyamanan terbaik di official hotel partner “ Hotel The Westin Jakarta dari tanggal 18 -27 Mei 2022 dan mendapatkan kemanjaan dengan relaksasi dan perawatan kesehatan dari Taman Sari Royal Heritage Spa.

Para finalis juga akan memperagakan busana-busana hasil karya desaigner anak negeri dalam acara Fashion Show Indonesia Berbasis Budaya bekerjasama dengan KADIN Industri Tradisional Berbasis Budaya dilanjutkan Peragaan Kostum Nasional ( National Costume)  dan Malam Seni dan Budaya, dimana para finalis akan menunjukkan keterampilan dan bakatnya yang mewakili seni dan budaya daerahnya masing-masing. Dari unjuk bakat ini akan terpilih 3 nominasi Puteri Berbusana Tradisional Terbaik dan 3 nominasi Puteri Berbakat Terbaik di Mall Gandaria City, Sabtu 21 Mei 2022.

Selanjutnya, bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan, 44 finalis Puteri Indonesia akan tampil dalam peragaan busana dalam acara Jakarta Muslim Fashion Week yang dilaksanakan di Mall Gandaria City, Minggu 22 Mei 2022.

Baca Juga : Perawatan Kulit Dengan Minyak Zaitun, Apa Manfaatnya ?

Malam puncak grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2022 akan diselenggarakan Jumat (27/5) di Plenary Hall, Jakarta Convention Center yang akan dihadiri oleh Miss Universe 2021, Harnaaz Sandhu yang berasal dari India, Miss International 2019, Sireethorn Leeramwat dari Thailand dan 1st Runner Up Miss Supranational 2021, Karla Guilfu Acevedo dari Puerto Riko.

Ada beberapa gelar yang telah disiapkan di malam grand final yakni Puteri Indonesia 2022, Puteri Indonesia Lingkungan 2022, Puteri Indonesia Pariwisata 2022, Puteri Indonesia Persahabatan, Puteri Indonesia Berbakat, Puteri Indonesia Intelegensia, dan Puteri Indonesia Favorit.

Puteri Indonesia 2022 bekerjasama dengan aplikasi Netzme juga akan memberikan kesempatan dan peluang yang lebih besar kepada 44 finalis Puteri Indonesia untuk meraih gelar Puteri Indonesia dengan memberikan dukungan sebanyak banyaknya melalui vote kepada finalis yang didukungnya.

Dan untuk pemenang Puteri Indonesia juara 1, 2, dan 3 akan berkesempatan membawa harum nama Indonesia di kancah Internasional seperti Miss Universe, Miss International, dan Miss Supranational dan juga akan mendapatkan beasiswa S2 dari Universitas Indonesia, IPMI dan BSI.

Ketiga ratu dunia bersama tiga Puteri Indonesia 2020 dan 44 finalis Puteri Indonesia 2022 akan tampil memukau dengan sentuhan make up dari Mustika Ratu Beauty Queen Series dan Bengkoang Series  yang berkolaborasi dengan make up stylis Bubah Alfian dan tim Make Up Artis Mustika Ratu, busana dengan kain-kain asli Indonesia dengan warna dan khas Jawa Tengah  sebagai produk industri tradisional berbasis budaya melalui desainer anak bangsa seperti, Anaz Khairunaz, Intan Avantie, Evelin Gunawijaya, Opulence, Lukman Abadi, Soni Wicaksono yang semuanya memilki ciri khas Touch of Jawa Tengah di bantu stylis Doley Tobing bersama Revashion dan perhiasan dari Hartono Wira Tanik (HWT), Bening Luxury dan Monliesmade serta  sepatu dari Rotelli.

Baca Juga : Trend Back To Nature Pikat Pengunjung Dubai Expo

Acara ini juga akan disiarkan langsung oleh televisi nasional SCTV, selain juga live streaming melalui youtube dan sosial media asset Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu yang dapat di saksikan dari seluruh dunia.

Kesuksesan acara Pemilihan Puteri Indonesia 2022 dan kunjungan Miss Universe 2021 tidak terlepas dari dukungan liputan dari official media partner seperti  SCTV, Beritastu.Holding, dan  para sponsor di antaranya Mustika Ratu, Garantea, You C1000, Bening Luxury, Teta Klinik,  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah, Hotel The Westin Jakarta, Supported by 5asec Laundry & Dry Cleaning,  Perhiasan dari Hartono Wira Tanik (HWT), Taman Sari Royal Heritage Spa, Sheraton Mustika  Yogyakarta, Lembaga Pendidikan & Pelatihan Mooryati Soedibyo (LPPMS), Paradigm Fitness, Pure Dental, Wall Street English, Universitas Indonesia (UI), Bina Sarana Informatika (BSI), IPMI International Business School, Gandaria City, Double L Umo, Rotelli, Herbamuno+, Jejamu by Mustika Ratu, Mustika Ratu Entertainment, Netzme, GT Mobile dan Hutan Kota by Plataran.

Kelana Limster, Bubah Alfian, Doley Tobing, Revashion, Evelin Gunawijaya, Denny Opulence, Lukman Abadi, Soni Wicaksono, Intan Avantie, Anaz, Monliesmade, Talk Up Indonesia, Georgia Marlene, Baleton Flowerchef, Official Photogrefer Ronny Joewono, Burhan Prawira dan Rudi Hartono.

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter