bukan hanya untuk kulit, bengkoang bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Bengkoang Bermanfaat Untuk Tubuh, Bukan Hanya Untuk Kulit,

Bengkoang Bermanfaat – Sebagian besar pengguna produk kecantikan tentu mengenal manfaat bengkoang bagi perawatan kulit. Kemampuan bengkoang untuk mencerahkan kulit menjadikannya primadona produk kecantikan yang mengandung bengkoang.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Dalam Pasta Gigi

Ternyata selain bermanfaat untuk kulit, bengkoang menyimpan segudang manfaat ternyata untuk kesehatan tubuh manusia. Penasaran bukan apa saja manfaat bengkoang bagi kesehatan tubuh ? Dilansir dari laman ini, simak penjelasannya dibawah :

1. Kaya serat

Bengkoang merupakan sumber serat yang baik. Dikutip dari Healthline, dalam satu cangkir atau 130 gram bengkoang mentah mengandung 6,4 gram serat makanan. Serat makanan membantu memperlancar pengeluaran tinja. Selain itu, bengkoang mengandung serat yang disebut dengan inulin. Studi menunjukkan bahwa inulin mampu meningkatkan frekuensi buang air besar hingga 31 persen pada mereka yang mengalami sembelit.
Baca Juga: Bengkoang, Termasuk Buah atau Sayur ?

2. Baik bagi bakteri usus

Bengkoang mengandung inulin tinggi yang merupakan serat prebiotik yang digunakan oleh bakteri dalam tubuh bermanfaat untuk kesehatan. Sementara sistem pencernaan kita tidak dapat mencerna atau menyerap prebiotik seperti inulin mengakibatkan bakteri di usus yang memfermentasinya. Diet tinggi prebiotik meningkatkan populasi bakteri “baik” di usus Anda dan mengurangi jumlah bakteri tidak baik.

Bukan Hanya Untuk Kulit, Bengkoang Bermanfaat Untuk Tubuh

Menurut Medical News Today, bengkoang adalah sumber vitamin C yang baik. 1 cangkir atau 130 gram porsi bengkoang mentah mengandung 26,3 miligram vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat melawan efek stres oksidatif dalam tubuh.

3. Mengurangi resiko kanker

Bengkoang mengandung antioksidan vitamin C dan E, selenium serta beta-karoten. Antioksidan berfungsi untuk menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan kanker. Kandungan serat dalam bengkuang memberi efek perlindungan terhadap kanker usus besar.
Konsumsi lebih dari 27 gram serat per hari berisiko 50 persen lebih rendah terkena kanker usus besar jika dibanding dengan mereka yang mengkonsumsi kurang dari 11 gram.
Baca Juga : Manfaat Facial Wash, Penggunanya Wajib Tahu
4. Menurunkan berat badan
Bengkoang adalah makanan padat nutrisi yang mengandung nutrisi tinggi namun kalori terhitung rendah. Hal ini menjadikannya pilihan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan namun tetap mendapatkan keseimbangan vitamin dan mineral. Selain rendah gula dan lemak, bengkoang adalah pengganti untuk sayuran bertepung dan karbohidrat tinggi.
5. Sumber antioksidan

Stres oksidatif telah dikaitkan dengan penyakit kronis termasuk kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular dan penurunan kognitif. Diet tinggi makanan kaya antioksidan seperti bengkoang dapat membantu melawan stres oksidatif serta dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

Baca Juga: MRAT Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia 2022

6. Mencegah lonjakan gula darah

Bengkoang mempunyai indeks glikemik rendah dan tinggi serat. Dengan rutin mengkonsumsi bengkoang sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang dapat membantu mengurangi lonjakan kadar gula darah. Bengkoang mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Baca Juga: Kosmetik Berbasis Skincare Akan Dibidik MRAT
Zat besi dan tembaga untuk sel darah merah membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Ternyata manfaat bengkoang bukan hanya bagi kulit tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Setelah membaca artikel ini yuk rutin mengkonsumsi bengkoang.***
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter