manfaat daun sirih

Manfaat Daun Sirih Dalam Pasta Gigi, Apa Saja ?

Manfaat Daun Sirih – Daun Sirih, tentu banyak yang mengenal namanya. Jika ada diantara pembaca yang belum mendengarnya, sebaiknya baca artikel ini hingga habis.

Baiklah dalam artikel ini akan kita ulas mengenai apa itu manfaat daun sirih dan apa benefitnya bagi kesehatan khususnya kesehatan gigi.

DIlansir dari laman ini , daun sirih memiliki nama ilmiah piper betle, sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh dengan merambat atau bersandar pada batang pohon lain.

Dikutip dari Wikipedia, sirih merupakan flora khas provinsi Kepulauan Riau. Budaya makan sirih khususnya saat upacara penyambutan tamu serta menggunakannya sebagai obat beragam jenis penyakit.

Baca Juga : Kosmetik Berbasis Skincare Akan Dibidik MRAT

Daun sirih terdiri dari beragam jenis. Setiap jenisnya memiliki manfaat yang berbeda. Dibawah ini adalah macam-macamnya: sirih hijau sirih merah, sirih gading, sirih silver, sirih bulu, sirih Irian, sirih hitam.

Diantara jenis daun sirih di atas, sirih merah dan sirih hijau adalah yang paling banyak ditanam masyarakat sebagai tanaman hias sekaligus tanaman herbal. Untuk sirih merah, tidak ada yang menyangka bahwa namanya telah mendunia.

Baca Juga : Hand Sanitizer Spray, Bantu Jaga Kesehatan

Sirih yang merupakan Famili Piperaceae diperkirakan memiliki variasi dari 1.000–2.000 jenis. Di Pulau Jawa sendiri mempunyai 23 jenis. Daun sirih dapat beradaptasi di lingkungan manapun mulai dari pantai hingga tanah pegunungan di atas 3.000 meter.

Daun sirih kaya dengan kandungan zat yang berkhasiat diantaranya minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, cyneole, caryophyllene, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, diastase, gula, dan pati yang bermanfaat untuk mimisan, jantung koroner, luka bakar ringan, bronkhitis, alergi, sakit perut, obat batuk, tumor, mengurangi diabetes, obat asam urat.

Baca Juga : Insentif Pengembangan Industri Ekstraksi Diharapkan Segera Terwujud

Selain itu daun sirih dapat mengobati kanker, melancarkan kemih, menurunkan berat badan, mengatasi disfungsi ereksi, membersihkan organ intim, mengurangi jerawat, tetes mata alami, meredakan sakit gigi, mengurangi bau badan.

Sebagaimana dikutip dari laman indonesia.go.id, berbagai penelitian di dunia kedokteran gigi mengungkap manfaat daun sirih merah sebagai penghambat bakteri perusak gigi, misalnya Aggregatibacter actinomycetemcomitans (Aa) dan Porphyromonas gingivalis (Pg).

Baca Juga : Global Halal Hub, MRAT Bakal Jadi Global Supplier

Bila anda ingin menjaga kesehatan gigi dengan daun sirih, kini tidak perlu repot lagi. Mustika Ratu meluncurkan produk pasta gigi yang diberi nama Mustika Ratu Pasta Gigi Daun Sirih dengan kandungan zat aktif fenol & kavikol dalam minyak atsiri daun sirih.

Kandungan zat tersebut membantu atasi bau mulut, menguatkan dan merawat gusi, gigi dan mulut. Zat aktif tersebut juga mampu membunuh kuman penyebab plak serta mengurangi gusi berdarah.

Pasta Gigi Daun Sirih bisa digunakan pada pagi dan malam hari. Mustika Ratu Pasta Gigi Daun Sirih dapat membantu mengurangi gusi berdarah jika digunakan dengan teratur. Pasta Gigi Daun Sirih keluaran Mustika Ratu telah teruji efektif secara klinis sehingga tentu aman untuk digunakan.  (𝘧𝘻)

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter