Market Tumbuh – Jakarta, Potensi pasar kosmetik halal kini terus berkembang pesat dan cukup besar baik di Indonesia maupun dunia.
Market tumbuh ini tentunya menguntungkan produsen kosmetik tanah air, Mustika Ratu sebagai produsen produk kosmetik halal lokal yang telah dikenal baik di Indonesia maupun ditingkat dunia.
“Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia sudah saatnya dapat berkontribusi dalam pasar kosmetika halal, baik nasional maupun global. Bukan hanya sebagai konsumen, tetapi juga sebagai produsen kosmetika halal ditengah market tumbuh dewasa ini.
Baca Juga : Jaga Tubuh Dari Virus, Begini Caranya
Hal ini juga akan meningkatkan peluang bisnis kepada investor, lembaga keuangan syariah dan pihak lain untuk berinvestasi bisnis di industri kosmetik halal secara syariah, ujar Presiden Direktur MRAT, Bingar Egidius Situmorang .
Bingar Egidius menambahkan, “Apalagi jumlah penduduk Indonesia yang mayoritas muslim, yakni 87,2% dari 268 juta penduduk Indonesia yang mengambil porsi 13% dari seluruh populasi muslim di dunia akan meningkatkan jumlah pembeli dari konsumen muslim yang terus bertambah dan kesadaran akan manfaat fashion dan make up halal dari sisi kecantikan dan kesehatan,” jelas Bingar Egidius.
Baca Juga : Kebiasaan Baru Saat Pandemi
Global Islamic Economy (GIE) Indicator, yang mengukur kekuatan ekonomi syariah pada 73 negara, menyatakan bahwa Indonesia menempati peringkat ke-5 pada tahun 2019/2020. Peringkat ini mengalami perbaikan dari tahun sebelumnya (2018/2019) yang menempati peringkat ke-10.
Berdasarkan laporan dari The State of Global Islamic Economy report pada 2020-2021, umat muslim dunia membelanjakan tidak kurang dari US$ 2,02 triliun atau mendekati Rp 29.000 triliun untuk kebutuhan bidang makanan, farmasi, kosmetik, fesyen, pariwisata dan sektor-sektor syariah lainnya. Jumlah tersebut meningkat 3,2% dibandingkan tahun 2018.
Sebagai pioneer dan produsen kosmetik halal, MRAT berkomitmen untuk memberikan produk kecantikan paripurna, aman, halal dan sehat, sekaligus menegaskan identitas MRAT sebagai icon brand makeup halal untuk perempuan Indonesia.
Baca Juga : MRAT Raih Penghargaan Kemenkes
Hal ini terbukti dengan besarnya minat konsumen terhadap produk kosmetik Mustika Ratu Beauty Queen Series. Produk ini terbuat dari bahan ekstrak daun biji kelor yang mengandung antioksidan tinggi, vitamin E yang efektif untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen agar mengurangi kerutan halus dan membantu merawat keremajaan kulit di wajah dan membuat terlihat cantik dengan kulit yang tetap sehat.
Beauty Queen series juga dipercaya oleh Kementerian Perdagangan dan KADIN untuk digunakan designer tanah air mempercantik para model di pagelaran Jakarta Fashion Week 2020 (JFW) dan Jakarta Muslim Fashion Week 2021 (JMFW) beberapa waktu lalu.
Baca Juga : Cari Tahu Biar Nggak Bau Badan, Ini Caranya
Seluruh produk Mustika Ratu sudah diuji oleh studi empiris dan terbukti efektif dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, dibuat dari bahan-bahan pilihan alami Indonesia dan diproduksi dengan standar manufaktur internasional seperti ISO 9001, ISO 4001, GMP serta Sistem Jaminan Halal dari MUI.
Tidak hanya pasar muslim, tren masyarakat untuk kembali ke alam (back to nature) menjadi business opportunity bagi produk Mustika Ratu untuk memperluas pasar ekspor. Pasar Eropa sangat menaruh perhatian terhadap produk Mustika Ratu yang terbuat dari bahan-bahan alami, sehat dan aman.
Baca Juga: Wedang, Minuman Enak Untuk Jaga Tubuh
“Selain Eropa, produk-produk Mustika Ratu juga sangat diminati dan berhasil merebut hati konsumen mancanegara dan juga sukses memasuki pasar Canada, Amerika Serikat, Czech Republik, Suriname, Oman, Irak, Taiwan dan 20 negara lainnya.
MRAT juga tengah mempersiapkan untuk ekspansi ke pasar kawasan Pasific seperti Australia, New Zeland, Guam, Fiji serta Afrika Barat seperti Lagos dan Mozambique.
Kami optimis penjualan ke pasar ekspor dapat meningkat signifikan dengan adanya perluasan pasar ekspor ini, “ujar Bingar Egidius.***