MRAT adakan RUPST

Inovasi, Ekspansi dan Optimalisasi : Kunci PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Tingkatkan Kinerja 2023

Jakarta, 30 Juni 2023 – PT Mustika Ratu Tbk (MRAT)  menggelar Rapat  Umum  Pemegang  Saham  Tahunan (RUPST)  dan  Public Expose  pada  Jumat, 30 Juni 2023  di  Graha Mustika Ratu, Jakarta.

RUPST  ini  membahas  perkembangan  bisnis  dan  langkah strategis  untuk  menghadapi  dinamika  perekonomian  yang  tidak menentu,  dengan  tujuan  memperkuat  posisi  Perseroan  dalam menghadapi  tantangan  dan  memanfaatkan peluang di tahun 2023.

Cantik Alami dengan Minyak Zaitun: 5 Tips Mudah untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Dalam  laporan  Global  Economic  Prospect  June  2022 (GEP), Bank  Dunia  memprediksi  pertumbuhan  ekonomi  global  akan melambat  signifikan  dari  5,7%  di  tahun  2021  menjadi  hanya 2,9% di  tahun  2022.

Meskipun  kondisi  ekonomi  global  dan  Indonesia masih menunjukkan  perlambatan  dan  tekanan inflasi yang semakin kuat,

PT  Mustika  Ratu  Tbk berhasil mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp285,18 miliar  pada  tahun  2022.

Pada  penjualan  online  produk  unggulan  seperti Brightening Bengkoang  Series  dan  Instabright Glow,  mengalami pertumbuhan sebesar 162% dibandingkan tahun 2021.

Gandeng Mustika Ratu Entertainment, BCA Tunjuk Puteri Indonesia sebagai Brand Ambassador

Selain itu, produk Face Care dan Beauty Queen juga mengalami pertumbuhan yang positif masing-masing sebesar 43% dan 17%. Pada tahun 2022, inovasi produk menjadi salah satu fokus utama PT Mustika Ratu Tbk.

Di  samping  inovasi  produk,  Perseroan  juga  terus  memperkuat distribusi  dengan  go-to-market strategy  produk   dalam  kategori Holistic Beauty dan kategori Health & Wellness  melalui  semua channel outlet  yang relevan.

Mulai  dari  menangkap  basis konsumen  baru  untuk  produk-produk  unggulan  Perseroan  melalui  kampanye  brand yang kreatif  dan  targeted dengan mengoptimalkan digital channels dan selebriti.

Optimalisasi  saluran  penjualan  termasuk  e-commerce,  peritel modern  (nasional  dan  lokal),  onmi  channels  dan  general  trade.

Peringati Hari Lahir Pancasila, PT Mustika Ratu Tbk Menjadi Official Hair Do and Make Up Tim Paskibraka Tingkat Pusat

Perseroan  juga  memperluas  jalur  distribusi  baik  di  pasar domestik  maupun  internasional,  serta  mengembangkan  potensi bisnis  lainnya,  termasuk  kerja  sama  yang  lebih  erat  dengan grup  retail  besar  dan  kemitraan  B2B  yang  lebih  agresif.

Produk Mustika Ratu juga dapat dijumpai dan dinikmati di berbagai platform e-commerce dan onmi channels guna memberikan aksesibilitas yang lebih luas kepada pelanggan.

Kerja sama ini ke depannya akan memungkinkan pelanggan untuk memilih cara yang paling nyaman untuk berbelanja dan berinteraksi dengan produk Mustika Ratu.

Perseroan pun menjalin kerja sama yang erat dengan Marriott International Group, perusahaan perhotelan terbesar di dunia.

Beauty Queen by Mustika Ratu Meluncurkan Ultraluscious Matte Lipcream: Lipcream Terbaru dengan Keunggulan Hybrid Formula

Kerja sama ini merupakan wujud dari ekspansi produk kecantikan dan perawatan pribadi premium ke rantai bisnis perhotelan yang  akan  membawa  manfaat  saling  menguntungkan  bagi  kedua  belah pihak.

Hal ini pun terlihat pada data Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi sektor hotel dan restoran mencapai 550,64 juta dollar AS pada periode Januari – Maret 2023 serta pertumbuhan nilai  realisasi  investasi  sektor  investasi  hotel  dan  restoran  itu  mengalami kenaikan sebesar 9,31% dibandingkan triwulan I-2022.

Sejalan dengan hal tersebut, menurut data dari Kemenparekraf pada target 2023 ada beberapa peningkatan yang harus dicapai.

Pencapaian Luar Biasa Mustika Ratu Alami di Kuartal Awal 2023

Misalnya saja dalam hal devisa yang naik menjadi 5,95 miliar USD. Pergerakan wisatawan nusantara juga ditarget 1,4 miliar perjalanan, dan kontribusi PDB Pariwisata mencapai 4,1%.

Sehingga   memberikan   peluang   dan   potensi   yang   baik   bagi Perseroan untuk melaju dan mendukung industri perhotelan & pariwisata.

Dalam paparan Public Expose yang disampaikan oleh jajaran Board of Director PT Mustika Ratu Tbk  (MRAT) mengungkapkan rencana dan strategi penting yang akan menjadi titik krusial bagi Perseroan dalam menghadapi tahun 2023 ini.

Peduli Literasi Keuangan, Mustika Ratu (MRAT) Berkolaborasi dengan BCA untuk Generasi Milenial Indonesia

Bingar Egidius Situmorang, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk menyatakan “Dengan motto GPS yang terdiri dari tiga prinsip utama, yaitu GROWTH, PROFIT, dan SOLID, Perseroan senantiasa menerapkan mindset pertumbuhan yang kuat, berorientasi pada profit, serta membangun kerja sama tim yang solid,  sehingga kami optimis mampu mencapai kinerja optimal dan meraih kesuksesan jangka panjang”

Sebagai bagian dari upaya untuk menjaga pertumbuhan dan profitabilitas, PT Mustika Ratu Tbk berhasil memperoleh persetujuan izin prinsip divestasi aset entitas anak Perseroan berupa properti yang dibeli atas  nama PT Mustika Ratu (M) Sdn. Bhd pada tahun 1996.

Rencana divestasi ini berpotensi untuk pengembangan bisnis entitas anak Perseroan di kancah internasional.

Ini menjadi new strategi partner sebagai growth hub ke negara- negara lain dan sekitarnya untuk mencapai penguatan modal yang semakin positif.

Bakal Lahirkan Jurusan Ilmu Kosmetik Prodi Kimia, Universitas Pertamina Gandeng PT Mustika Ratu

Selain itu, Perseroan juga mengakselerasi kinerja PT Mustika Ratu Entertainment (MRE), entitas anak perusahaan yang bergerak di bidang hiburan.

Melalui  MRE,  Perseroan  mampu  memperluas  portofolio  produk dan  jasa,  khususnya  dalam  industri  kreatif.

Menurut  data  Kemenparekraf, industri hiburan mengalami pertumbuhan sebesar 6,5%pada tahun 2021 dan 6,7% pada tahun 2022.

Perseroan percaya bahwa strategi ini akan memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan entitas anak Perseroan dan memperluas pangsa pasar.

Dengan serangkaian strategi tersebut, PT Mustika Ratu Tbk optimis dapat menghadapi tantangan dan mengambil peluang di tahun 2023.

Perseroan senantiasa berkomitmen untuk memberikan produk berkualitas tinggi kepada konsumen dan meningkatkan nilai bagi para pemegang saham.

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter