Dorong Peningkatan Penjualan

Dorong Peningkatan Penjualan – MRAT Fokus Pada Inovasi dan Pengembangan Produk

Jakarta, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) terus melakukan inovasi dan mengembangkan produk demi memenuhi permintaan pasar domestik dan luar negeri yang terus tumbuh.

Untuk tahun 2022 ini, MRAT akan memfokuskan pada inovasi dan pengembangan produk personal care.

“Kami melihat adanya perubahan tren konsumen dibandingkan tahun 2021 lalu. Di mana, pada tahun ini kontribusi penjualan pada segmen personal care mengalami peningkatan,” ujar Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Jodi Andrea kepada Neraca, di sela-sela Public Expose di Jakarta, Jumat (29/7/2022)

W20 Summit: Mustika Ratu Dukung Peran Perempuan dalam Akselerasi Bisnis

Jodi memaparkan, pada kondisi awal Pandemi Covid-19, permintaan handsanitizer sangat tinggi. Namun, seiring dengan menurunnya tingkat penularan Covid-19, permintaan handsanitizer ikut turun.

“Pada Maret 2021 kontribusi penjualan  personal care mencapai 58% dan health care 19%. Sedangkan di kuartal I-2022 personal care  mencapai 73% dan health care turun jadi 6%,” jelasnya.

Lebih lanjut, Jodi memaparkan, salah satu transformasi yang dilakukan MRAT di segmen personal care adalah dengan melakukan rejuvenate produk brightening bengkoang series, yang dinilai dapat mendorong penjualan MRAT di segmen tersebut.

Hebat ! Adinda Raih 3rd Runner Up Miss Supranational 2022

Meski begitu, MRAT tidak mengenyampingkan perhatiannya pada segmen produk lain, seperti produk health maupun produk dekoratif kecantikan.

Sejumlah langkah dilakukan perseroan untuk memaksimalkan penjualan di tahun ini. Memperluas jaringan distribusi serta menambah distributor baru di wilayah yang belum tergarap sebelumnya merupakan langkah yang ditempuh Perseroan.

Ia menambahkan, MRAT juga kini fokus melakukan pemasaran lewat platform digital. ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan maupun membangun brand awareness kepada para konsumen.

Mustika Ratu Terima Penghargaan Asia Africa Business Award 2022 dari AACC

Hal ini mengingat pertumbuhan penjualan yang cukup masif di channel e-commerce, seiring dengan peningkatan tren belanja daring masyarakat saat ini.

Sementara itu, Direktur Mustika Ratu, Kusuma Ida Anjani, saat memberi Paparan Publik secara Virtual, mengatakan MRAT akan agresif melakukan re-juvenate dan inovasi produk baru pada segmen personal care. Terdiri dari beberapa sub kategori lain seperti face care, body care, dan sebagainya.

Strategi tersebut dilakukan seiring dengan pemulihan ekonomi pasca gempuran Covid-19. Industri beauty dan health diproyeksikan turut mendulang tren positif.

Delegasi G20 Tiba di Solo dan Nikmati Jamu dari Mustika Ratu

“Di tahun 2022 ini kami akan targetkan pertumbuhan sangat signifikan dari jumlah produk inovasi yang dikeluarkan, baik dalam kategori beauty dan health. Namun signifikannya akan sangat terlihat untuk produk skincare dan juga personal care serta kosmetika dekoratif,” katanya.

Terkait dengan kinerja, selama kuartal I-2022, MRAT membukukan penjualan sebesar Rp 75,2 miliar. Penjualan Mustika Ratu ditopang oleh produk perawatan diri (personal care) dengan berkontribusi sebesar Rp 69,28 miliar. Disusul oleh produk kesehatan (Rp 6,17 miliar), jamu dan minuman kesehatan Rp (9,77 miliar), serta produk kosmetik (Rp 9,45 miliar). Dari sisi bottom line, MRAT membukukan laba tahun berjalan senilai Rp 310,67 juta.

Untuk tahun 2022 ini, MRAT berharap dapat membukukan penjualan yang lebih baik lagi. Sejumlah strategi pun telah disiapkan untuk mewujudkan harapan tersebut.

Ubud Food Festival 2022 Munculkan Menu Spesial Puteri Indonesia 2022

Diantaranya adalah meningkatkan penjualan ekspor yang peluangnya masih cukup besar. Setelah memasok produknya ke lebih dari 30 negara, MRAT ingin memperluas ekspor dengan membidik negara tujuan baru, seperti Rusia dan Timur Tengah.

“Masyarakat di kedua negara ini, sangat antusias dengan produk berbahan natural. Ini sesuai dengan produk Mustika Ratu yang memang berbahan alami, baik produk kecantikan maupun produk kesehatan,”tutup Jodi.***

 

 

 

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter