memelihara rambut

9 Tips Memelihara Rambut, Simak Disini!

Memelihara rambut adalah hal yang relatif enteng dilaksanakan bersama dengan beberapa langkah yang tepat. Rambut terbuat dari protein, jadi melakukan diet yang sehat dan kebugaran yang baik adalah syarat yang mutlak untuk memelihara rambut indah. Dilansir dari laman wikihow, inilah tips seputar perawatan rambut dan hal-hal yang bisa  Anda lakukan di tempat tinggal untuk mendapatkan rambut yang indah.

1. Cucilah rambut dengan benar pakai sampo yang memiliki kwalitas baik. Banyak orang yang berpendapat bahwa sangat sering membasuh rambut malah menyebabkan rambut menjadi kering, menghilangkan minyak alaminya, dan mengakibatkan kerusakan rambut. Lakukan pencucian rambut dengan sampo dua hari sekali. Sebagian orang membasuh rambutnya hanya dua kali seminggu.

Memelihara rambut dan tips-tips nya

– Cobalah pakai sampo yang tidak memiliki kandungan sulfat dan paraben. Sulfat adalah zat kimia yang menghasilkan busa shampo. Paraben adalah zat pengawet yang menyebabkan iritasi dan masalah pada mata sesudah pemakaian jangka panjang. Kedua zat kimia ini beresiko untuk lingkungan, oleh karena itu cobalah pakai shampo dengan pembersih alami.
– Pilihlah shampo yang sesuai dengan model rambut Anda. Jangan pakai shampo yang ada sebelumnya. Carilah shampo yang sesuai untuk Anda!
– Rambut ikal atau kasar memerlukan shampo yang mampu meminimalisir kusut dan melembutkan rambut.
– Rambut lurus atau berminyak memerlukan shampo yang lembut spesifik untuk keramas sehari-hari.
– Rambut yang diwarnai memerlukan shampo yang diperkuat dengan asam ekstrak atau asam amino, dikarenakan mewarnai rambut sesungguhnya dapat mengakibatkan rusaknya pada rambut.
– Rambut kering memerlukan shampo yang memiliki kandungan gliserin dan kolagen untuk menunjang mengembalikan kelembapan rambut.memelihara rambut

2. Menggunakan selalu kondisioner yang sesuai dengan jenis, panjang rambut, serta tingkat kerusakan akibat pewarnaan. Aturan yang benar adalah pakai kondisioner tiap-tiap kali Anda selesai keramas, meskipun rambut yang terkena cat membutuhkan perawatan ekstra daripada rambut alami.

Lakukan tindakan deep condition seminggu sekali. Gunakan produk yang dapat dibeli di toko atau cobalah pakai ramuan buatan sendiri. Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk lakukan sistem conditioning rambut berdasarkan tipe rambut:

Untuk rambut tipis: Jika Anda punya rambut yang terbilang tipis, cobalah pakai perawatan dengan menggunakan minyak tumbuhan sebelum menggunakan shampo. Misalnya pakai lavender oil atau tea tree oil dan bubuhkan di bawah kutikula rambut sebelum mencucinya dengan shampo. Bilaslah rambut dan berikan kondisioner dari tengah-tengah rambut  sampai ujung rambut. Diamkan selama satu menit sebelum akan dicuci.

Untuk rambut medium sampai tebal, pakai pelembab dengan kandungan air alami. Kondisionernya sedikit saja. Bubuhkan kondisioner ke seluruh rambut dan diamkan selama 2-3 menit.
Berhati-hatilah pakai produk yang banyak mempunyai kandungan protein. Terlalu banyak protein menyebabkan rambut mulai kering dan rapuh. Protein adalah bahan utama rambut sehat, maka pakai kondisioner yang mempunyai kandungan bahan-bahan seimbang.

Baca Juga : Simak Cara Menjaga Stamina Bagi Pria

Serum pengontrol rambut kusut dapat digunakan didalam kuantitas kecil untuk menanggulangi rambut kusut. Pastikan Anda tidak banyak menggunakannya dan cucilah rambut seminggu sekali pakai deep cleanse shampoo untuk menjauhi penumpukan sisa-sisa shampo terhadap rambut dikarenakan akan menyebabkan rambut terlihat kusam dan gampang patah.

3. Jangan sering-sering menyikat rambut. Menyikat rambut dapat merangsang folikel yang menopang pertumbuhan rambut, tapi kecuali terlampau kerap melakukannya akan membawa dampak pada rusaknya rambut menjadi kusut dan bercabang.

4. Biarkan rambut mengering secara alami. Setelah membasuh rambut, bungkuslah rambut bersama kaus yang berbahan katun. Mengapa ? Handuk dibuat dari bahan yang amat kasar dan mampu menyebabkan kerusakan rambut, agar rambut menjadi kusut dan bercabang. Hindarilah menyikat rambut selagi dalam kondisi basah, sebab hal tersebut membuat rambut rapuh dan lemah. Gunakan sisir bergigi lebar untuk mengurai kekusutan selagi rambut tetap basah.

memelihara rambutUsahakan untuk tidak menggunakan pengering rambut. Rambut yang sehat tidak memberi respons yag baik terhadap panas, artinya rambut akan semakin cepat panas. Rambut jadi rusak akibat panas, lebih-lebih sumber panas yang berasal berasal dari pengering rambut.

Jika anda merasa perlu menggunakan pengering rambut, keringkan dengan suhu rendah dan batasi penggunaannya maksimal 1 minggu sekali. Jika membasuh rambut sebelum saat tidur malam, gelunglah rambut dan biarkan rambut mengering sendiri dalam semalam. Rambut dapat kering sendiri di pagi harinya.

Baca Juga : Manfaat Luar Biasa Dibalik Minyak Zaitun

5. Rapikan rambut secara teratur. Cara paling baik untuk mencegah ujung rambut bercabang adalah dengan melakukannya sendiri! Guntinglah rambut sekitar ½ cm dari bagian yang ujungnya bercabang. Banyak wanita yang punya rambut sempurna tidak mengalami rambut bercabang gara-gara mereka memprioritaskan untuk merapikan rambutnya di salon atau melakukannya sendiri tiap 6-8 minggu sekali.

6. Lakukan pewarnaan rambut dengan hati-hati kecuali memungkinkan. Mewarnai rambut perlu banyak pengorbanan. Orang yang punya rambut alami seringkali tidak mengalami kasus rambut kering, rusak, atau terlampau banyak terkena zat kimia.

Jika Anda mewarnai rambut, jangan terlampau kerap melakukannya. Ambil jeda selepas rambut diwarnai dan beri ruang pada rambut untuk bernapas sedikit. Cara ini bakal menimbulkan hasil yang baik.

7. Tatalah rambut secara alami untuk meminimalisir kerusakan rambut. Penataan rambut yang dikerjakan sendiri tidak bakal merusak rambut, tapi penataan yang dikerjakan berulang-ulang beberapa kali seminggu bakal menyebabkan masalah serius pada rambut.

Baca Juga : Jamunomics, Konsep Jadikan Jamu Sebagai Lifestyle

Sebaiknya anda hindari proses perming (keriting permanen), crimping (keriting papan), pelurusan, pengeritingan, bleaching (pemutihan pigmen rambut), ataupun pewarnaan yang terlalu sering. Boleh-boleh saja meluruskan rambut jikalau Anda punya acara di malam minggu. Namun lakukan sesekali saja bukan secara terus menerus.
Jangan memanfaatkan karet gelang untuk menguncir atau menata rambut. Karet gelang bakal membuat rambut patah, itu akan membuat rambut lepas dari folikelnya.memelihara rambut

Cobalah untuk tidak menata rambut dengan cara menjepit atau menarik ke belakang. Tata rambut layaknya cornrow (mengepang rambut selama kulit kepala) atau ikat ekor kuda yang kencang bisa membuat kerusakan di akar rambut atau membuat stres pada folikel rambut.

Sebagai alternatif, cobalah tata rambut disamping ini: ikat ekor kuda atau cepol sederhana bakal nampak rapi dan hanya perlu sedikit pemakaian product rambut. Anda juga bisa membiarkan rambut tergerai dengan memakai bando.

8. Konsumsilah makanan sehat dan berilah vitamin di dalam kuantitas yang tepat untuk rambut. Karena rambut terbuat dari protein, pastikan Anda makan dengan menu diet sepadan yang terdiri dari protein tanpa lemak, biji-bijian utuh, buah, dan sayuran. Diet yang sehat dapat sebabkan rambut nampak lebih indah dan mulai lebih nyaman.

Baca Juga : Untuk Indonesia Sehat, Herbal Ini Hadir

Sebaiknya Anda memasukkan nurisi cukup yang terdiri dari vitamin C (memperkuat rambut), zat besi (membantu mempunyai oksigen ke pembuluh darah), seng (memelihara dan memperbaiki jaringan), dan asam lemak omega-3 (memelihara rambut sehat).
Berikan waktu terhadap rambut untuk membuktikan penampilannya baru. Apa yang Anda makan tidak dapat langsung menambahkan hasil terhadap rambut, tetapi dapat menopang menambahkan perkembangan baru terhadap rambut.

9. Singkirkan stres dari kehidupan Anda. Stres fisik dan mental akan sebabkan rambut kehilangan kekuatannya. Stres sanggup sebabkan rambut rontok, jadi usahakan untuk tidak membiarkan stres menguasai Anda. Ini artinya mencari solusi emosional yang sehat untuk menanggulangi stres seperti yoga, bersepeda, meditasi, atau bermacam jenis latihan olahraga bisa menyebabkan hasil yang baik.

PT Mustika Ratu Tbk memproduksi berbagai produk yang bermanfaat bagi kesehatan termasuk produk yang memelihara rambut kita seperti Hair Oil, Shampoo, Hair Mask, Hair Conditioner, dan Hair Tonic. Terinspirasi oleh alam dan manfaat besar dari jamu (herbal), Mustika Ratu mengolah produk-produk yang alami dan natural, agar sesuai untuk masyarakat Indonesia. Mustika Ratu memproduksi komoditas kesehatan seperti Herbamuno+ (suplemen kesehatan untuk meningkatkan imun ), Jejamu (minuman jamu dengan rasa kekinian), dan berbagai produk perawatan tubuh lainnya.

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter