Support Gender Equality

Dukung Kesetaraan Gender, 63 Persen Karyawan Merupakan Perempuan

Dukung Kesetaraan Gender, Yogyakarta – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bersama Focal Point G20 Empower Indonesia kembali melaksanakan pertemuan “The Second Senior Leaders Meeting on Women’s Empowerment: A Side Event to G20 Empower” dengan tema “Strengthening Women’s Empowerment and Participation in Workplace and Businesses”, yang  dilaksanakan Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta, Rabu, 18 Mei 2022.

Pada pertemuan ini menghadirkan high level speaker dari sekitar 30 pimpinan perusahaan yang membahas penguatan kapasitas Advocate pemerintah untuk pemberdayaan dan merepresentasikan kemajuan dan peran perempuan di sektor bisnis, serta berfokus pada advokasi untuk meningkatkan dan menguatkan posisi kepemimpinan perempuan di sektor swasta dan pemerintahan.

Baca Juga : Mustika Ratu Dukung HUT Hipmi ke 50

Kiprah seorang perempuan dapat terlihat pada PT Mustika Ratu Tbk yang didirikan oleh salah satu perempuan terbaik Indonesia. Cucu dari Raja Kasunanan Surakarta Paku Buwono X, beliau adalah DR. BRA. Mooryati Soedibyo. Beliau berhasil membawa perusahaan menjadi salah satu perusahaan produk kecantikan, jamu dan kesehatan kebanggaan bangsa Indonesia dan dunia.

Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Kusuma Ida Anjani yang hadir menjadi salah satu pembicara pada forum tersebut mengatakan bahwa Mustika Ratu berkomitmen untuk menjadi yang terdepan dalam menerapkan prinsip pemberdayaan perempuan untuk mencapai kesetaraan gender dalam pemenuhan hak dan kewajibannya pada seluruh aspek kehidupan serta memperkuat kemampuan negara untuk berkembang secara efektif. Kami percaya bahwa perempuan memiliki kemampuan yang sama dalam memimpin dan mengelola organisasi.

Baca Juga : Mustika Ratu dan Hypermart Hadirkan Miss Universe 2021

“ Hal ini terbukti dengan kemajuan perusahaan yang dikelola oleh sekitar 63% dari karyawan adalah kaum perempuan. Mulai dari tingkatan direksi sampai staff karyawan. Jumlah karyawan perempuan yang menduduki level Manager pada 2021 berjumlah 38 orang atau sekitar 28 % di tahun 2022 menjadi berjumlah 87 orang. Sekitar 52 %, kepemimpinan perempuan naik secara pesat sebesar 24 % dalam kurun 1 tahun. Mustika Ratu percaya bahwa perempuan memiliki kemampuan yang sama dalam memimpin dan mengelola organisasi,” ujar Kusuma Anjani.

PT Mustika Ratu Tbk menjadi 1 diantara 158 Perusahaan di Indonesia dan 1 diantara 6542 Perusahaan di dunia yang tergabung dalam Women’s Empowerment Principle ( WEPs ). WEPs adalah sekumpulan prinsip yang menawarkan panduan untuk  mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita di tempat kerja, marketplace, dan komunitas yang didirikan oleh UN Global Compact dan UN Women.

Baca Juga : YPI dan MRAT Sukses Gelar PPI ke-25

Untuk mendukung hal tersebut, Mustika Ratu telah menjalankan Women Empowerment Program. Bertajuk Women Monitoring Women yang bertujuan memberikan dukungan dan bimbingan yang mungkin belum pernah mereka hadapi. Workshop/Training untuk memberikan pengembangan diri guna memenuhi kebutuhan aktulisasi diri akan kompetensi dan kualitas yang lebih baik. Apresiasi berupa women award yaitu dukungan wadah bagi para perempuan agar berprestasi dalam hal mendukung kesetaraan gender.

Perempuan dengan segala ketelatenan dan kreativitasnya dapat diberikan pelatihan agar dapat meningkatkan keterampilan mereka. Sebagai salah satu contohnya adalah Mustika Ratu memberikan keterampilan pelatihan kepada perempuan-perempuan warga binaan sehingga mereka mampu mengembangkan keterampilan tersebut pada saat mereka kembali ke masyarakat.

Untuk itu perlu adanya upaya penguatan bagi perusahaan dan mempunyai perspektif kesetaraan gender yang baik. Perspektif ini dapat berdampak bagi penyusunan kebijakan dalam perusahaan yang lebih komprehensif. Ketimpangan gender yang dapat menghambat posisi perempuan dalam pembangunan di segala sektor diharapkan tidak terjadi kembali.***

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter