Mustika Ratu Kolaborasi

Mustika Ratu Kolaborasi Dengan UMKM Perempuan Trenggalek

Trenggalek – UMKM merupakan pahlawan juga bagi Indonesia. UMKM perempuan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi. Kiprah perempuan dalam menjaga stabilitas ekonomi bangsa memang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Berdasarkan Data Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar di Indonesia tahun 2014-2018, dari total usaha yang berjumlah 64 juta unit usaha, 99,99 persen usaha di Indonesia adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dimana berdasarkan survei dari Bank Dunia pada 2016 bahwa lebih dari 50 persen usaha kecil dimiliki oleh perempuan.

Atas dasar tersebut, Mustika Ratu dengan membawa semangat Hari Pahlawan bersama Pemerintah Kabupaten Trenggalek dan Yayasan Perempuan Hebat Inpirasi Nusantara (Uprintis) menjalin kolaborasi dalam rangka meningkatkan sumber daya, keterampilan dan pengetahuan kaum perempuan sebagai pahlawan ekonomi di Kabupaten Tranggalek.

Baca Juga : MRAT Ikuti Pameran di Dubai Expo

Kesepakatan kerjasama ditandatangani oleh Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang, Bupati Kabupaten Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dan Ketua Uprintis, Novita Hardini di Pendopo Kabupaten Trenggalek, Selasa (9/11/2021).

Bingar Egidius Situmorang menjelaskan bahwa, “Kerjasama Mustika Ratu dan Pemerintah Trenggalek bertujuan untuk mengembangkan potensi market baru bagi Mustika Ratu serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Trenggalek melalui pemberdayaan dan pengembangan UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Sumbangsih UMKM sangat besar bagi pembangunan ekonomi Indonesia. Mustika Ratu yang dikenal saat ini, pada awalnya merupakan usaha UMKM yang dijalankan oleh Ibu Mooryati Soedibyo dari garasi rumahnya dengan dibantu 2 orang karyawan.

“Kami menyadari itu dan bertekad untuk lebih banyak berkolaborasi dengan UMKM melalui pemerintah daerah. Karena tidak mungkin kami langsung satu per satu. Seperti di Trenggalek bagus, UMKM-UMKM dikoordinir dengan baik,” ujar Egidius.

Baca Juga : Jejamu Buka Gerai Baru di Jakarta

Sebagai bentuk nyata dari kolaborasi yang dilakukan oleh Mustika Ratu bersama Pemerintah Kabupaten Trenggalek & Yayasan Uprintis adalah dengan menjadikan Kabupaten Trenggalek sebagai Pilot Project Booth Jejamu by Mustika yang berlokasi di Pusat Perbelanjaan Bukit Jaas Permai, dimana barista untuk Jejamu by Mustika Ratu terseleksi dari The Next Woman Preneur program yang diselenggarakan oleh Yayasan Uprintis.

Selain itu ada juga acara Festival Cantik Sehat, dimana para peserta memperoleh pendidikan kelas kecantikan (beauty class) secara gratis, Jejamu reseller, franchise SPA, dan keanggotaan M-Club, sebagai Reseller Produk Mustika Ratu, “ujar Head of Business Development PT Mustika Ratu Tbk, Astrid Warganegara.

Bupati Kabupaten Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Mustika Ratu yang telah mempercayakan Kabupaten Trenggalek sebagai pilot project Jejamu by Mustika Ratu serta program pemberdayaan ekonomi lainnya yang dapat mengembangkan ekonomi masyarakat, khususnya kaum perempuan sebagai pahlawan ekonomi di Kabupaten Trenggalek.

Baca Juga : MRAT Perluas Pangsa Pasar Di Wilayah Ini

“Kami berharap dengan kehadiran Mustika Ratu di Trenggalek dapat memberikan manfaat dan peningkatan ekonomi melalui perempuan UMKM.  Karena perempuan merupakan investasi ekonomi keluarga yang memberikan manfaat multiple effect untuk perekmbangan ekonomi daerah dan ekonomi nasional. Sesuai dengan slogan kabupaten yaitu Trenggalek Meroket untuk semua sektor,” ujarnya.

Lebih lanjut Ketua Yayasan Uprintis, Novita Hardini menjelaskan bahwa kerjasama dengan Mustika Ratu untuk Pemberdayaan UMKM Perempuan di Trenggalek dengan melibatkan berbagai UMKM binaan Uprintis. Dengan memfokuskan terhadap pemberdayaan perempuan, maka akan membuka lapangan pekerjaan baru untuk perempuan Trenggalek.

“Dengan semangat Hari Pahlawan, kita berharap perempuan-perempuan Trenggalek dapat menjadi pahlawan ekonomi dalam keluarga. Untuk menjadi pahlawan, kita dapat lakukan dengan pikiran dan kerja keras, seperti yang dilakukan oleh perempuan perempuan Trenggalek yang gigih dalam kegiatan UMKM. Untuk itu dengan kolaborasi kerjasama dengan Mustika Ratu, kita berharap masyarakat Trenggalek, khususnya perempuan UMKM dapat memanfaatkan peluang untuk kesuksesan ekonomi keluarga, ekonomi daerah dan ekonomi nasional,” ujarnya.

Baca Juga : MRAT Dukung PON XX Papua

Acara peresmian dan penandatangan Kolaborasi Kerjasama ditandai dengan meminum Jejamu by Mustika Ratu bersama Bupati Kabupaten Trenggalek, Ketua Yayasan Perempuan Hebat Inpirasi Nusantara, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk dan Putri Indonesia Jawa Timur 2022, Adinda Cresheilla serta seluruh tamu yang hadir (#Jamuvement). Dilanjutkan dengan Talkshow Peringatan Hari Pahlawan dengan tema “Peran Penting Perempuan Sebagai Pahlawan Penggerak Ekonomi Keluarga” dengan narasumber Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang, Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini dan Puteri Indonesia  Jawa Timur 2022, Adinda Cresheilla.

Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen dan pejabat pemerintahan seperti perwakilan Pemerintah Kabupaten Trenggalek, DPRD Trenggalek, UMKM Perempuan Trenggalek (Female Prenenur), media, komunitas dan berbagai lapisan masyarakat Trenggalek.

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter