Herbamuno+

Tanaman Obat, 14 Jenis dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Tanaman Obat, Pernah mendengar arti tanaman obat? Istilah itu merujuk terhadap beberapa tanaman yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan dan meredakan berbagai penyakit. Tanamannya pun ada berbagai macam, ada buah, rempah-rempah, tanaman berdaun, dan juga berbunga.

Nah, Anda pasti menyadari beberapa tanaman yang udah terkenal khasiatnya. Misalnya seperti jahe, temulawak, buah pepaya, dan lain-lain. Tapi, beberapa tanaman ini kemungkinan masih asing di telinga Anda. Padahal, ternyata tanaman-tanaman tersebut ini terhitung kaya manfaat, lho! Anda pun mampu menanamnya di pekarangan rumah agar lebih mudah dipetik saat dibutuhkan. Dilansir dari ruparupa.com, ini dia 14 tanaman obat dan manfaatnya!

1. Tanaman Obat Meniran

Anda kemungkinan sering memandang tanaman yang serupa dengan putri malu ini. Tanaman ini sering ditemui di pinggir jalanan dan lazim dikira tanaman liar tanpa manfaat. Tapi jangan salah. Ternyata meniran hijau memiliki banyak khasiat, lho. Seperti turunkan gula darah, menghambat batu ginjal, tingkatkan kesehatan hati, menangkal radikal bebas, berupa antimikroba, menyembuhkan rematik, mengatasi penyakit kulit, dan bahkan menyembuhkan penyakit kuning.

Baca Juga : Minyak Ini Mampu Atasi Mata Panda, Benarkah?

2. Rempah Khas Indonesia : Temu Mangga

Rempah yang satu ini merupakan rempah khas Indonesia yang sayangnya tidak cukup dikenal banyak orang. Tapi, khasiatnya terhitung tidak kalah dari rempah lainnya. Dilansir dari Brilio.net, temu mangga memiliki kandungan antiseptik alami, berupa laksatif yaitu kandungan yang sering ditemukan terhadap obat pencahar. Rempah ini bermanfaat untuk tingkatkan daya tahan tubuh, antioksidan tinggi, memiliki kandungan kandungan anti kanker, memiliki kandungan antiinflamasi, dan terhitung meremajakan kulit.

3. Sambiloto: “The King of Bitter”

Tanaman ini terbilang mudah dan banyak ditemui di Indonesia. Rasanya pahit, namun khasiatnya terhitung tidak kalah besar.

herbamunoFaedah tanaman obat yang sering dijuluki “King of Bitter” ini adalah untuk turunkan demam, anti-parasit dan bakteri, tingkatkan proses kekebalan tubuh, menghambat kanker, menghambat diabetes, mengatasi flu, tingkatkan fungsi dari hati, menghambat munculnya penyakit jantung, mendukung penyembuhan infeksi sinusitis, baik untuk pencernaan, dan juga mengatasi anemia.

Baca Juga: Obat Herbal Ini Aman Dikonsumsi

4. Tanaman Obat Daun Saga

Selain meniran, ada terhitung tanaman liar lain yang kaya akan manfaat. Namanya adalah daun saga. Dilansir dari health.grid.id, daun saga memiliki kandungan protein, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B6, Vitamin C, Saponin, Flavonoid, Tannin, Alkaloid, Kalsium oksalat, Glisirizin, Flisirizinat, Polygalacturomic acid, dan Pentosan. Tak heran, tanaman ini mampu berfungsi untuk berbagai penyakit seperti menunjang mengatasi demam, batuk, sakit tenggorokan, sakit perut, flu, asma, sakit mata, malaria, gigitan serangga dan ular, sampai melindungi rambut.

5. Kumis Kucing : Bunga yang Kaya Manfaat

Mungkin, diantara tanaman obat lainnya, tanaman inilah yang paling sering Anda dengar. Tanaman herbal yang dikenal memiliki zat anti radang ini memiliki banyak khasiat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan dan meredakan berbagai penyakit. Antara lain yaitu melancarkan saluran kemih, menyembuhkan rematik, asam urat, batuk, diabetes, hipertensi, gusi bengkak, dan juga meringankan luka di kulit.

Bagian yang dimanfaatkan dari kumis kucing untuk menyembuhkan masuk angin dan sakit pinggang adalah daunnya. Cara memproduksi daun kumis kucing ini pun lumayan mudah. Anda tinggal merebus beberapa helai daun terhadap air secukupnya, lalu diminum. Selain bermanfaat, bunganya yang cantik terhitung cocok untuk ditanam di pekarangan rumah, bukan?

6. Bunga Kenop, Tanaman Obat yang Cantik

Ada lagi tanaman herbal yang mampu mengimbuhkan kesan cantik terhadap pekarangan rumah Anda. Tanaman ini adalah bunga kenop atau yang biasa disebut bunga kancing dan kembang puter ini berasal dari Amerika dan Asia. Selain berfungsi sebagai tanaman hias, bunga kenop terhitung kaya manfaat. Diantaranya berkhasiat menyembuhkan radang mata, sakit kepala, demam, disentri, batuk, asma, terhitung tingkatkan nafsu makan.

Cara menanam bunga tanaman obat ini terhitung lumayan mudah. Bunga hanya perlu dipelihara baik dengan selalu disiram, memeriksa sensor kelembaban tanah, dan pemupukan secara reguler. Untuk memperoleh khasiatnya, Anda mampu merebus sepuluh kuntum bunga bersama dengan jahe, lalu meminum air rebusannya sebanyak tiga kali sehari secara rutin. Ramuan ini berfungsi untuk menyembuhkan asma atau sesak napas.

Baca Juga : Apa itu Sambiloto ?

7. Daun Patah Tulang untuk Patah Tulang

Selain bermanfaat, tanaman yang memiliki wujud menarik ini tak jarang dijadikan sebagai tanaman hias bagi beberapa orang. Seperti namanya, daun patah tulang berfungsi untuk menyembuhkan patah tulang dan berbagai penyakit lainnya. Mulai dari sakit gigi, penyakit kulit, terhitung cedera ringan. Tapi, Anda perlu waspada saat hendak memfungsikan tanaman ini sebagai obat. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu terhadap ahli kesehatan. Getah tanaman ini berbahaya apabila bersentuhan dengan mata dikarenakan berpotensi sebabkan kebutaan permanen.

8. Daun Tempuyung

Anda kemungkinan dulu menemui tanaman yang satu ini. Siapa sangka, tanaman yang sering ditemui di sekeliling kita ini ternyata memiliki banyak manfaat. Dilansir dari indtimes.com, daun tempuyung memiliki kandungan banyak sumber alami yang baik untuk tubuh seperti asam amino, polifenol, protein; alfa dan beta-amyrin, lipid, hidrokarbon polimer, lupeol, pseudotaraxasterol, dan taraxasterol. Tanaman herbal ini berfungsi untuk mengurangi kandungan asam urat, mengatasi batu ginjal, menghambat hipertensi, menyembuhkan peradangan, dan menyembuhkan luka bakar atau memar.

9. Tanaman Obat Sosor Bebek

Tanaman ini memang sering tumbuh liar di kebun. Tapi, tanaman sosor bebek terhitung banyak dijadikan sebagai tanaman hias dan khasiatnya dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Tanaman yang memiliki wujud seperti paruh bebek ini memiliki antiseptik untuk menyembuhkan luka, meredakan sakit kepala dan demam, mengatasi sakit gigi, menyembuhkan wasir, melegakan pernapasan, mengatasi gigitan nyamuk, dan juga meredakan sakit amandel.

Baca Juga : Herbal Ini Digunakan Hingga Luar Negeri

10. Keji Beling, Tanaman Obat dari Negara Tropis

Daun keji beling merupakan tanaman obat yang mampu tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Tanaman yang memiliki permukaan halus dan sedikit berbulu ini terkenal mampu mendukung menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti penyakit diabetes, kanker, tumor, batu ginjal, wasir, ambeien, menangkal radikal bebas, dan terhitung mampu meringankan depresi, lho.

11. Daun Encok untuk Penyakit Sendi

Seperti namanya, tanaman ini digunakan untuk menyembuhkan penyakit rematik, nyeri sendi, nyeri pinggang, dan terhitung beberapa penyakit lainnya seperti sakit kepala, penyakit kulit, pelancar membuang air kecil, sampai kanker darah. Hal ini dikarenakan di dalamnya terdapat kandungan kimia yang baik untuk tubuh. Tetapi, Anda perlu selalu waspada ketika menggunakannya dikarenakan daun ini berupa beracun. Jangan menempelkan daun encok terlalu lama agar kulit tidak melepuh.

Tanaman Obat di Indonesia Beragam

12. Daun Sage

Walaupun tidak seterkenal tanaman obat daun lainnya, daun sage ternyata biasa digunakan sebagai bumbu dan rempah bahkan ia juga banyak digunakan sebagai komponen pengharum terhadap sabun dan kosmetik. Daun ini memiliki kandungan banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Manfaatnya pada lain mampu turunkan gula darah dan kolesterol, penyembuhan alzheimer, mengendalikan peradangan, mengurangi gejala manapouse, menyehatkan mulut, menghambat diare, menyehatkan tulang, dan menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

13. Tanaman Obat Pasak Bumi

Tanaman obat yang satu ini udah sejak lama dipercaya berkhasiat bagi vitalitas pria. Tapi ternyata kegunaan pasak bumi lebih dari itu, lho. pasak buwonoTanaman ini terhitung mampu mendukung mengatasi penyakit lainnya merasa dari mengatasi persoalan kesuburan, turunkan stress, mendukung membentuk dan membesarkan otot, tingkatkan testosteron, sampai tingkatkan energi.

Baca Juga : Milenial Minum Jamu, Gimana Rasanya ?

14. Gandheli : Tanaman Obat Langka

Kalau tanaman yang satu ini, kemungkinan banyak kaum hawa yang udah tidak asing bersama dengan nama latinnya yaitu Centella asiatica yang biasa digunakan di dalam kandungan skincare. Faedah daun pegagan untuk bagian muka adalah untuk mengatasi jerawat dan penuaan dini. Tapi selain itu, ternyata daun ini memiliki segudang kegunaan lainnya. Seperti tingkatkan kegunaan otak dan daya ingat, mengatasi depresi, melakukan perbaikan sirkulasi darah, menyamarkan stretchmark, menyembuhkan luka, sampai menyembuhkan penyakit alzheimer.

PT Mustika Ratu Tbk memproduksi berbagai produk kesehatan yang bermanfaat bagi kesehatan. Terinspirasi oleh alam dan faedah jamu (herbal), Mustika Ratu mengolah produk-produk yang alami dan natural, agar sesuai untuk masyarakat Indonesia. Selain Pasak Buwono, Mustika Ratu termasuk mengolah komoditas kesehatan lainnya seperti Herbamuno+ (untuk menjaga imun tubuh), Jejamu (minuman jamu dengan rasa kekinian). Keempat belas tanaman obat tadi memiliki begitu banyak manfaat bukan, jadi manakah yang anda cari?

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter