Empu Jamu , Mooryati Soedibyo

Mooryati Soedibyo Beri Selamat Atas Pengakuan UNESCO Pada Jamu sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia

Jakarta –  Sang Empu Jamu Indonesia dan juga pendiri PT Mustika Ratu Tbk (MRAT),  DR. BRA. Mooryati Soedibyo menyampaikan rasa kegembiraannya atas pengakuan resmi dari UNESCO terkait penetapan Budaya Sehat Jamu Indonesia sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada hari Rabu, 6 Desember 2023  lalu.

Pengakuan ini membuktikan bahwa jamu bukan hanya sekadar minuman kesehatan lokal, tetapi juga memiliki nilai budaya dan warisan yang patut dijaga dan diwariskan kepada generasi mendatang.

Kontribusi PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dalam Pelestarian Lingkungan dan Perdagangan Karbon Untuk Atasi Krisis Iklim

Mooryati Soedibyo, sejak usia muda telah membawa tradisi sehat dengan meracik dan meminum jamu sebagai bagian dari gaya hidupnya.

“Sejak muda saya rajin minum jamu, saat ini pun saya masih rajin. Saya biasanya minum beras kencur yang saya buat sendiri di rumah,” tutur Mooryati Soedibyo.

Bahan-bahan alami seperti gula asam, beras kencur, dan kunir asam menjadi kunci dari ramuan kesehatannya.

Kebiasaan ini bukan hanya sekadar tradisi keluarga, tetapi juga menjadi fondasi dari kehidupan sehat dan kecantikan yang tetap terjaga hingga usia 96 tahun.

PT Mustika Ratu Tbk (MRAT): Mendukung Kebangkitan Pariwisata Hijau

Melalui perjalanan panjangnya selama empat puluh lima tahun, bersama PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) yang didirikannya, Mooryati Soedibyo  telah menciptakan warisan yang tak ternilai harganya, mengukir namanya sebagai tokoh Sang Mpu Jamu yang membawa kearifan lokal dan identitas bangsa ke panggung global dengan memberikan kontribusi positif bagi kesehatan dan kebahagiaan manusia di seluruh dunia, dengan terus menjaga kualitas dan autentisitas jamu Indonesia, menjalankan riset, dan menggali potensi baru dari kearifan tradisional.

Perusahaan juga memperluas jangkauan jamu Indonesia ke pasar internasional, sehingga manfaat jamu dapat dinikmati oleh masyarakat global.

Mooryati Soedibyo, dengan visinya yang tajam, memahami bahwa jamu bukan hanya sekadar minuman tradisional, tetapi juga simbol dari kebijaksanaan leluhur dalam menjaga keseimbangan jiwa dan raga.

Beauty Queen by Mustika Ratu Meluncurkan Ultraluscious Matte Lipcream: Lipcream Terbaru dengan Keunggulan Hybrid Formula

Beliau dengan tekun memperjuangkan agar jamu mendapat pengakuan di dunia internasional, sebagai bukti akan kearifan lokal yang unik dan luar biasa.

Seiring dengan pengakuan UNESCO, Mooryati Soedibyo bersama PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) berkomitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan Budaya Sehat Jamu Indonesia dengan terus menjaga kualitas, melestarikan resep tradisional, serta memastikan bahwa kearifan lokal yang terkandung dalam jamu tetap terjaga dengan baik.***

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter