MRAT raih penghargaan

Raih Best Export Expansion dari Kemenperin, Ini Bukti Keberhasilan MRAT Kembangkan Pasar Ekspor

Jakarta – PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) meraih penghargaan Indonesia Halal Industry Award (IHYA) Tahun 2023 dari Kementerian Perindustrian untuk kategori Best Export Expansion.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian RI, Mohammad Rum kepada Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang sebagai pengakuan terhadap keberhasilan Mustika Ratu  dalam perluasan pasar ekspor industri halal ke mancanegara, di Hotel Fairmont Jakarta Senin, 23 Oktober 2023.

Beberapa aspek yang dinilai termasuk perencanaan program, pengelolaan program, promosi pengawasan, perlindungan konsumen, pemenuhan peraturan perundang-undangan, dan implementasi dalam export.

Raih Best Export Expansion dari Kemenperin, Ini Bukti Keberhasilan MRAT Kembangkan Pasar Ekspor

Sebagai perusahaan kosmetik holistik terkemuka, yang telah dikenal sebagai pemimpin industri kosmetik halal dengan menonjolkan bahan baku dari alam indonesia dengan filosofi kearifan budaya Indonesia.

Mustika Ratu telah memegang komitmen kuat pada produk halal, menjadikannya sebagai pionir dalam industri ini serta mengangkat citra dan reputasi Indonesia di pasar internasional.

Bingar Egidius Situmorang menyatakan kebanggaan atas prestasi ini dan menegaskan komitmen Mustika Ratu dalam mendukung pengembangan industri halal dengan bekerjasa dengan pihak pihak terkait seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, BPJPH, MUI dan aktif dalam ekosistem Global Halal Hub.

Sertifikasi International, PT Mustika Ratu Tbk & PT Mustika Ratu Entertaiment Raih Sertifikat ISO 9001 dan ISO 14001

“MRAT berhasil mencatat pertumbuhan yang sangat signifikan dalam ekspor produk kosmetik halal ke berbagai negara. Sejak 2021 sampai Oktober 2022, jumlah negara ekspor bertambah 61% dari 21 negara menjadi 34 negara atau bertambah 13 negara. Termasuk beberapa negara bagian Timur Tengah, seperti Saudi Arabia, Oman, Iraq, Libya, Bahrain dan UAE.

Produk ini cocok dengan pasar muslim karena produk Mustika Ratu memiliki kualitas yang baik, aman, sehat dan halal,“ujar Bingar Egidius.

Dalam riset yang diadakan oleh Statista, segmen pasar terbesar adalah segmen perawatan diri dengan volume pasar sebesar US$3,18 miliar pada tahun 2022. Diikuti skin care sebesar US$2,05 miliar, kosmetik US$1,61 miliar, dan wewangian US$39 juta.

JMFW 2024, Strategi MRAT Perluas Pasar Dunia dengan Kosmetik Halal

Produk perawatan tubuh unggulan Mustika Ratu telah mendapatkan sambutan positif di pasar domestik dan internasional, menghadirkan konsep kecantikan holistik yang menggabungkan khasiat herbal tradisional dengan teknologi modern.

Produk halal Mustika Ratu  memiliki potensi besar untuk pertumbuhan, terutama dengan populasi muslim terbesar di dunia.

Selain pasar yang luas, industri halal juga harus memenuhi standar kualitas dan keamanan yang ketat.

“Mustika Ratu sebagai pemimpin industri kosmetik halal di Indonesia siap kolaborasi dan menjadi pihak aktif dalam ekosistem Global Halal Hub sebagai langkah strategis dalam rangka percepatan implementasi Global Halal Hub agar selaras dengan Masterplan Ekonomi Syariah, yaitu mewujudkan Indonesia sebagai Produsen Produk Halal Dunia 2024 yang dicanangkan oleh Pemerintah,” jelas Bingar Egidius.

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter