MRAT telah

MRAT Targetkan Growth Double Digit Pada Tahun 2021

Jakarta, 27 Agustus 2021 PT. Mustika Ratu,Tbk (MRAT) telah mengadakan acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”), Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“RUPSLB”) dan Public Expose yang berlokasi di Hotel The Westin, Jakarta. Perseroan menyampaikan kinerja keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2020 serta pemaparan strategi Perseroan pada tahun buku 2021.

Peta bisnis dalam industri healthcare terutama sejak pandemi menerpa Indonesia saat ini memberikan tantangan besar sekaligus menjadikan peluang bagi Perseroan untuk dapat berkembang lebih pesat. Perseroan menyadari bahwa pola perilaku konsumen sudah bergeser terutama sejak adanya pandemi ini. Pandemi COVID-19 telah menjadi katalis bagi konsumen untuk switching consumer behaviour dari offline menjadi online.

Baca Juga: MRAT Telah Bekerjasama Dengan SDN Hadapi Lonjakan Permintaan Produk

Dengan digalakkannya kampanye stay at home oleh Pemerintah maka seluruh aktifitas konsumen dilakukan dirumah mulai dari berbelanja, menonton hiburan, bersekolah dari rumah dan lain-lain. From space into screen, dari ruang menjadi layar. Stay At Home Lifestyle. Disaat kegiatan ekonomi konvensional banyak yang terhenti karena pandemi maka aktifitas ekonomi digital yang menggantikannya sehingga kelangsungan perekonomian masih tetap berjalan. Tidak mengherankan apabila transformasi digital merupakan kunci bagi perseroan untuk bertahan di tengah pandemi. Digital Transformation Is a Key.

Presiden Komisaris Ir. Djoko Ramiadji, MSc menyampaikan bahwa “Dewan Komisaris mendukung penuh kinerja Direksi dalam pengambilan keputusan strategis Perseroan selama tahun 2020 sehingga Perseroan mampu mencatatkan kinerja yang lebih baik.” Perseroan telah melakukan berbagai upaya strategis untuk tetap mempertahankan pasar ditengah kepungan pandemi, salah satunya dengan membagi divisi sales dan marketing menjadi 2 yaitu Beauty dan HealthCare. Ini dilakukan sebagai upaya untuk lebih memaksimalkan penjualan perseroan.

Produk HealthCare akan terus tumbuh

Dewan Komisaris menilai dan memantau kinerja direksi selama tahun 2020 sesuai fungsi dan tugas Komisaris. Selama tahun 2020 Direksi telah melakukan reformasi manajemen yang efektif dan efisien dan hal tersebut berdampak pada performa Perseroan. Perseroan berhasil memberikan penjualan bersih pada tahun 2020 senilai Rp.318,4 milyar , meningkat sebesar Rp. 13,2 milyar atau 4% bila dibandingkan dengan tahun 2019 sebesar Rp.305,2 miliar. Keberhasilan Direksi meningkatkan penjualan bersih dipengaruhi oleh keberhasilan Perseroan menjalankan transformasi 4.0 dan kejelian Perseroan melihat peluang dengan diversifikasi produk dengan peluncuran inovasi produk terbaru yakni Hand Sanitizer dan suplemen kesehatan Herbamuno+ (HealthCare Division), sehingga penurunan omset di segmen lain dapat tergantikan oleh peningkatan omset di lini HealthCare.

“Inovasi yang dilakukan Perseroan sejak tahun 2020 dengan cara melakukan diversifikasi produk dengan meluncurkan inovasi produk terbaru yaitu Hand Sanitizer dan suplemen kesehatan Herbamuno+ (Health care division). Peningkatan penjualan bersih disebabkan oleh keberhasilan Perseroan menjalankan transformasi 4.0 . Dan terbukti dengan kehadiran produk baru diatas mampu meningkatkan penjualan bersih Perseroan secara signifikan, “ jelas Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Ir. Bingar Egidius Situmorang.

Sampai dengan semester I tahun 2021, Perseroan berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp. 176,3 Miliar ( Seratus Tujuh Puluh Enam Miliar Tiga Ratus Juta Rupiah) atau 23.2%  dibandingkan semester I 2020 sebesar Rp 143,1 miliar ( Seratus Empat Puluh Tiga Miliar Seratus Juta Rupiah ). Kenaikan penjualan ini disumbang oleh segmen Beauty sebesar 51,5% dan segmen Health Care sebesar 276,7%.
Secara Operasional, Perseroan memperoleh laba bersih pada semester I 2021 sebesar Rp. 2,3 miliar meningkat sebesar Rp.803,8 juta atau mengalami kenaikan sebesar 55,3% dibandingkan dengan semester I 2020 sebesar Rp. 1,5 miliar.

MRAT Telah Perluas Jaringan Distribusi

Salah satu strategi Perseroan adalah dengan mengembangkan penjualan pada produk-produk kesehatan (Health Care) dan bekerjasama dengan PT Indofarma Global Medika yaitu salah satu anak perusahaan PT. Indofarma Tbk (INAF) di medical channel serta memperluas jangkauan distribusi melalui kerjasama dengan PT. Sinarmas  Distribusi Nusantara (SDN) yang memiliki 330.000 titik distribusi di Indonesia.

Perseroan juga berekspansi melalui channel telemedicine platform untuk memperkuat dan meningkatkan awareness konsumen terhadap produk-produk Perseroan, khususnya di platform digital dengan menggandeng berbagai Key Opinion Leader (KOL).
Perseroan berencana membidik target pasar yang lebih luas dan memperkuat lini produk yang telah ada. Dengan menargetkan kaum milenial, penetrasi produk Jejamu juga akan lebih dioptimalkan terlebih lagi momentum saat ini kesehatan dan jamu tumbuh signifikan di tengah pandemi. Dari sisi ekspor, Perseroan juga akan terus fokus pada negara-negara yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penjualan.

Dengan produk Herbamuno+ yang saat ini sedang dalam proses uji klinis untuk menjadi produk fitofarmaka, Perseroan yakin bahwa prospek usaha di segmen healthcare akan terus tumbuh di tahun ini,” seperti yang disampaikan Direktur Keuangan PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Jodi Andrea Suryokusumo.

MRAT dan Transformasi

Walaupun di kondisi pasar dan ekonomi yang cukup menantang, Perseroan tetap mampu memposisikan dirinya sebagai pemimpin pasar di industri kecantikan dan kesehatan untuk merek lokal. Peningkatan penjualan mencerminkan manajemen yang “agile” dan mampu menyesuaikan dengan kondisi pasar. PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) telah menetapkan  susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan dari hasil Rapat Umum Pemegang Luar Biasa (“RUPSLB”) yang berasal dari berbagai macam industri, termasuk industri fast moving consumer goods (FMCG). Di dalam jajaran Dewan Komisaris, telah ditetapkan Ir. Djoko Ramiadji, MSc sebagai Presiden Komisaris, Haryo Tedjo Baskoro, MBA dan Prof.DR.FG Winarno sebagai Komisaris. Untuk jajaran Direksi; Presiden Direktur Ir. Bingar Egidius Situmorang, Direktur Jodi Andrea Suryokusumo, Bcom, MCorpGov, CA (ICAA), Direktur Kusuma Ida Anjani BCom, MBus, MAppFin.

Presiden Direktur Ir. Bingar Egidius Situmorang  menjelaskan,” transformasi dan fokus Perseroan di tahun 2021 meliputi pengembangan bisnis di kategori Holistic Beauty, Health & Wellness ke semua channel outlet yang sesuai dan terus memaksimalkan potensi ekspor ke lebih banyak negara. Perseroan menempuh strategi sebagai bagian dari pengembangan bisnis kedepannya diantaranya Product Portfolio Refocusing, Pengembangan Jaringan Pemasaran, Optimalisasi Pemasaran Digital / Online, Optimalisasi Aset Perseroan serta Peningkatan Kualitas Operasional Perseroan.”

Perseroan optimis dapat meningkatkan pertumbuhan usahanya  dan terus mengembangkan produk-produk Perseroan tidak hanya untuk pasar dalam negeri namun juga di pasar internasional.

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter