jahe emprit adalah

Jahe Emprit : Si Kecil Yang Kaya Manfaat

Indonesia sangat kaya dengan sumber daya flora. Dari sejumlah spesies tanaman rempah dan obat, beberapa di antaranya sudah digunakan sebagai obat tradisional oleh berbagai perusahaan atau pabrik jamu. Dalam masyarakat Indonesia, pemanfaatan obat tradisional dalam sistem pengobatan sudah membudaya dan terus meningkat. Salah satu tanaman rempah dan obat-obatan yang ada di Indonesia adalah jahe.

Jahe (Zingiber officinale rosc) pada awalnya berasal dari Asia Pasifik yang kemudian tersebar dari India sampai Cina. Tanaman ini merupakan rempah-rempah dan tanaman obat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam bidang kesehatan (Paimin, 2008). Jahe banyak mengandung bahan aktif salah satunya adalah senyawa fenolik. Senyawa fenolik pada jahe sebagian besar terdiri dari gingerol, shogaol. Gingerol juga disebut sebagai komponen terpenting pada jahe karena bahan aktifnya yang dapat digunakan sebagai obat. Berdasarkan pada bentuk, warna, dan aroma rimpang serta komposisi kimianya, di Indonesia dikenal 3 tipe jahe, yaitu jahe putih besar, jahe emprit, dan jahe merah.

Baca Juga : Masyarakat Marak Konsumsi Suplemen Herbal Lokal

Rimpang jahe emprit adalah salah satu tanaman suku Zingiberaceae yang mempunyai komponen volatil (minyak atsiri) dan non volatil (oleoresin) yang paling tinggi dibandingkan jenis jahe yang lain. Rimpang jahe mempunyai kegunaan yang beragam, antara lain sebagai rempah, minyak atsiri, pemberi aroma, ataupun sebagai obat, rimpang jahe mengandung flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri. Selain itu, rimpang jahe juga memiliki aroma yang tajam serta rasanya yang sangat pedas karena kandungan oleoresin yang sangat tinggi. Selain sebagai bumbu dapur, rimpang jahe juga dapat digunakan sebagai anti emetik atau pencegah rasa mual pada kondisi mabuk perjalanan (motion sickness) karena adanya kandungan gingerol dan shogaol. Dalam bidang obatobatan, jahe berkhasiat untuk mengobati berbagai berbagai macam penyakit seperti urusurus, masuk angin, cacingan, mengobati encok, mengobati luka, anemia, bronchitis, asma, penyakit jantung, memperbaiki pencernaan, dan perangsangan syahwat (Tropical Plant Curriculum Project Team, 2012).

Dengan meluasnya wabah Covid-19 ini membuat banyak masyarakat mulai memperhatikan kesehatannya lebih baik lagi. Kebutuhan terhadap suplemen kesehatan pun semakin marak. Masyarakat menjadi lebih peduli dengan bagaimana mereka menangani masalah kesehatannya.

Saat ini jahe menjadi herbal incaran yang banyak dicari masyarakat ditengah pandemi ini mengingat kemampuannya dalam meningkatkan imunitas tubuh. Disamping itu, jahe emprit mengandung anti inflammasi (anti peradangan) serta gastoprotektor yang bila dikombinasikan dengan herbal lainnya dapat berfungsi secara maksimal.

Jahe emprit adalah jenis jahe yang terkandung dalam Herbamuno+

Bersumber dari pengetahuan dan pengalaman  Hj. DR. BRA. Mooryati Soedibyo, S.S., M. Hum didalam membuat resep herbal tradisional yang diakui baik lokal maupun internasional. PT. Mustika Ratu Tbk berkomitmen pada prinsip Holistic Care Philosophy yang dapat diperoleh jika perawatan tersebut diimbangi dengan konsep body, mind dan spirit (tubuh, pikiran, dan jiwa).

Dilatar belakangi maraknya peredaran produk asing dengan harga tinggi dan beraneka macam produk ilegal menjadi tantangan industri dalam negeri, maka PT. Mustika Ratu Tbk sebagai perusahaan yang konsisten mengangkat potensi kearifan lokal Indonesia berkomitmen menciptakan inovasi produk Obat Herbal Asli Indonesia Herbamuno+ untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat melalui perpaduan science, technology & nature dalam menghasilkan produk yang praktis di konsumsi, aman, bermutu dan bermanfaat.

Herbamuno+ sebagai produk herbal yang dibuat oleh Mustika Ratu mengandung ekstrak jahe emprit didalam setiap butir kapletnya. Dikombinasikan dengan herbal lainnya seperti sambiloto, meniran, akar manis dan daun jambu mete membuat  Herbamuno+ cocok dikonsumsi berbagai kalangan. Namun sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum anda mengkonsumsinya.

Kini semakin mudah mendapatkan Herbamuno+ di toko terdekat dari rumah anda tanpa perlu antre bahkan bisa menggunakan smartphone anda untuk berbelanja secara online diantaranya melalui Tokopedia, Shopee, HaloDoc, GrabHealth, Lazada, Zalora, Blibli, Bukalapak, JD.ID .

 

Herbamuno+ Jaga Imun Tubuh Tetap Prima

 

 

referensi:
http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP
http://eprints.umm.ac.id/41418/3/BAB%20II.pdf
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter