Seputar COVID-19, Mitos atau Fakta?

Angka kasus COVID19 di Indonesia masih terus meningkat. Seiring dengan penyebaran virus tersebut, banyak informasi beredar di masyarakat melalui berbagai platform. Alih-alih dapat menjadi referensi, informasi tersebut justru banyak yang hanya mitos belaka. Berikut bahasan singkat seputar mitos dan fakta COVID19

1. Penyakit COVID-19 hanya menginfeksi orang usia tua. Mitos!

Faktanya, semua orang dari segala usia bisa terinfeksi coronavirus baru (2019-nCoV). Bahkan, orang tanpa gejala bisa jadi sudah terinfeksi. Data menunjukkan bahwa pasien tanpa gejala masih dapat menularkan infeksi atau disebut sebagai carrier. Disarankan agar semua masyarakat, baik dari usia muda maupun usia tua, mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri dari virus. Contohnya, dengan menjaga sistem imun yang sehat dan menjaga higienitas tubuh.

2. Mencuci dan membersihkan tangan dengan hand sanitizer bisa mencegah infeksi virus corona baru ini. Fakta!

Metode penyebaran virus ini adalah melalui droplet yang bisa masuk dari mata, hidung ataupun mulut. Dengan menjaga kebersihan tangan dan barang-barang di sekitar kita, kita bisa mencegah transmisi dari virus ini. Coronavirus ternyata bisa bertahan selama 3 hari di atas bahan plastik dan besi serta 24 jam di atas bahan kardus. Penggunaan semprotan berbasis alkohol yang mengandung 70% ethanol bisa digunakan untuk disinfeksi barang-barang di sekitarmu, misalnya layar HP dan meja kerja. Pastikan kamu membersihkan tangan dengan pembersih tangan berbahan dasar ethanol, bukan methanol!

3. Diagnosis COVID-19 bisa ditegakkan dengan pemeriksaan thermal scanner. Mitos!

Salah satu gejala terinfeksi COVID-19 adalah demam (suhu >37.5 derajat celcius pada anak dan suhu >38 derajat celcius pada dewasa). Namun, masa inkubasi coronavirus adalah antara 1 – 14 hari setelah paparan sampai seseorang mengalami gejala. Thermal scanner digunakan untuk mengukur suhu tubuh kita dan hanya dapat menentukan apakah seseorang demam atau tidak. Jadi, orang yang demam belum tentu karena terinfeksi COVID19 dan orang yang tidak demam belum tentu tidak terinfeksi. Faktanya, diagnosis penyakit COVID-19 ditegakkan dengan pemeriksaan sedimen yang diambil dari usap hidung dan dahak.

4. Vaksin pneumonia dapat melindungi kita dari infeksi coronavirus baru ini. Mitos!

Vaksin pneumonia saat ini mengandung vaksin yang melawan Haemophilus influenza tipe B (HiB), sehingga tidak memberikan perlindungan terhadap virus corona. Virus ini sangat baru dan berbeda sehingga dibutuhkan vaksin khususnya sendiri. Saat ini, peneliti masih terus mencoba mengembankan vaksin melawan 2019-nCov. Yang paling penting bagi kita saat ini adalah m enjaga kesehatan dan memiliki sistem imun yang baik untuk mencegah infeksi.

5. Mengonsumsi alkohol dapat membunuh coronavirus baru ini. Mitos!

Alkohol digunakan untuk membersihkan tangan serta barang-barang di luar tubuh kita. Virus yang sudah masuk ke dalam tubuh kita tidak dapat dibunuh dengan cara meminum alkohol. Justru, alkohol dapat melemahkan sistem imun kita yang akhirnya dapat membuat kita lebih mudah terkena penyakit. Penting untuk dilakukan adalah menjaga kebersihan. Selain kebersihan tangan dan tubuh, kita juga harus menjaga kebersihan saluran pernapasan dengan menjaga oral hygiene yang baik dan benar.

Dalam rangka mendukung upaya penekanan angka kasus COVID-19 di Indonesia, Mustika Ratu meluncurkan produk baru yaitu Hand Gel dan Hand & Body Spray dengan kandungan 70% alkohol yang efektif untuk membunuh kuman dan virus. Selain untuk kebersihan tangan dan tubuh, dapat juga digunakan untuk benda-benda di sekitar kita. COVID-19 merupakan penyakit yang menyerang sistem pernafasan, sehingga penting bagi kita untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menggunakan Pasta Gigi Daun Sirih dari Mustika Ratu yang mengandung antiseptik alami. Untuk upaya pencegahan dari dalam tubuh, Wedang Imboost Package dari Mustika Ratu dapat menjadi pilihan terbaik karena mengandung bahan-bahan alami pilihan yang dapat menguatkan sistem imun kita dalam mencegah penyakit.

Sumber:

https://emedicine.medscape.com/article/2500114-overview

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279457/

https://www.medscape.com/viewarticle/926929

https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/cleaning-disinfection.html

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter