komisaris dan direksi MRAT dalam RUPST

Akhiri Tahun 2023 Dengan Positif, Faktor Ini Bikin MRAT Cetak Kinerja Moncer

Jakarta – PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (”RUPST”) tahun buku 2023 & Public Expose tahun 2024 di Graha Mustika Ratu, Jl. Gatot Subroto Kav.74-75 Jakarta Selatan, Jumat (28/06/2024).

RUPS MRAT dipimpin oleh Ir. Djoko Ramiadji, MSc selaku Presiden Komisaris dan menyetujui untuk mengangkat Dewan Komisaris dan Dewan Direksi dengan susunan sebagai berikut:

Presiden Komisaris,  Ir. Djoko Ramiadji, MSc, Komisaris, Haryo Tedjo Baskoro, MBA, Komisaris Independen, Prof. DR.FG. Winarno, Presiden Direktur, Ir. Bingar Egidius Situmorang, Direktur, Jodi Andrea Suryokusumo BCom, MCorpGov, CA (ICAA) dan Direktur, Kusuma Ida Anjani, Mbus, MappFin.

Presiden Komisaris, Ir. Djoko Ramiadji, MSc mengatakan PT Mustika Ratu Tbk dapat tetap mempertahankan posisinya sebagai perusahaan jamu dan kosmetik terkemuka  di tengah dinamika bisnis yang dihadapi sepanjang tahun 2023, Perseroan mampu menangkap sejumlah peluang sehingga dapat terus melaju setiap tahunnya.

” Pada tahun 2023, Perseroan telah menerapkan berbagai inisiatif strategi agar dapat meningkatkan kinerja, salah satunya dengan berfokus pada pengembangan inovasi produk. Dewan Komisaris juga  menilai Kinerja Direksi telah memenuhi hasil yang ditetapkan dan selaras dengan rencana kerja serta pelaksanaan prinsip prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik, ” ujar Preskom Djoko Ramiadji.

Baca Juga : Perluas Distribusi Produk Herbal, MRAT Jalin Kerjasama Dengan UDC

PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) sebagai pemimpin dalam industri kecantikan, jamu dan kesehatan Indonesia, mengumumkan pencapaian performa keuangan serta langkah strategis untuk tahun 2024 yang dapat memperkuat posisi perusahaan di pasar domestik dan internasional.

Di tahun 2023, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) mampu mencatatkan peningkatan penjualan bersih (net sales) sebesar 5,41%, dan kenaikan laba kotor (gross profit) sebesar 25,86%. Perseroan berhasil membukukan penjualan bersih YTD Desember 2023 senilai Rp300 Miliar dan mencatat gross profit senilai Rp172 Miliar.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) mengatakan,” Mustika Ratu melakukan inovasi berupa rejuvenasi produk Personal Care. Hal ini mendorong kontribusi penjualan sehingga di tahun 2023 segmen Personal Care ini juga mengalami growth sebesar 7,13%. Selain rejuvenasi, Mustika Ratu menggunakan teknologi inovatif yakni encapsulated botanic fusion (e-bion) yang dimplementasikan dalam produk hair care,” ujarnya.

Dalam rangka memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) telah merancang strategi yang komprehensif untuk tahun 2024 yang dikenal dengan GPS 2024. Strategi ini mencakup inovasi produk, promosi digital dan optimalisasi e-commerce, ekspansi distribusi, optimalisasi layanan spa, serta pengembangan sumber daya manusia.

Baca Juga : Jakarta X Beauty 2024, Booth Mustika Ratu Diserbu Pengunjung

PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) juga terus berkomitmen pada keberlanjutan dan tanggung jawab sosial melalui berbagai inisiatif seperti program penanaman mangrove dan pohon, serta konsep green movement dengan fokus pada penggunaan kemasan yang dapat didaur ulang .

Kampanye digital yang agresif di berbagai platform media sosial dan kolaborasi dengan Puteri Indonesia 2024 diharapkan akan meningkatkan awareness dan penjualan produk.

Kerjasama business-to-business dengan PT United Dico Citas (UDC) akan memperluas distribusi di medical channel, kerjasama dengan Koperasi Tunas Insan Madani melalui jaringan luas anggota koperasi yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menggarap channel sales baru yang direct to end users, sementara promosi offline melalui kegiatan Beauty Class dan pameran seperti Jakarta X Beauty dapat memperkuat citra merek. Peningkatan jaringan waralaba spa di tingkat nasional dan internasional turut mendukung pertumbuhan industri spa global yang terus meningkat.

Sepanjang tahun 2023, PT Mustika Ratu Tbk. (MRAT) juga berhasil meningkatkan penetrasi pasar dengan memperluas jangkauan ekspor ke lebih dari 40 negara. Peningkatan permintaan dari pasar internasional semakin menegaskan pengakuan pasar global terhadap kualitas produk Mustika Ratu. Negara-negara di berbagai benua termasuk di Asia, Timur Tengah, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara, termasuk negara Jepang menjadi pasar utama dengan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan nilai ekspor perusahaan.

Dengan pencapaian yang telah diraih pada tahun 2023 dan strategi komprehensif untuk tahun 2024, PT Mustika Ratu Tbk optimis akan terus memberikan kontribusi positif bagi para pemegang saham dan masyarakat luas. Perseroan berkomitmen untuk menjaga kualitas produk dan layanan, serta terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar yang dinamis dan berkembang.***

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter