Press Release – Penandatanganan Kerja Sama Mustika Ratu (MRAT) dan Indofarma (INAF)

(Caption) Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang (kiri) dan Direktur Utama PT Indofarma Tbk (INAF), Arief Pramuhanto disaksikan Puteri Indonesia 2020, Rr. Ayu Maulida Putri bertukar naskah nota kesepahaman antara kedua perusahaan di Jakarta, Selasa ( 21/7/2020).

Jakarta – PT. Mustika Ratu Tbk (MRAT) menjalin kerjasama dengan PT. Indofarma Tbk (INAF) untuk memproduksi produk kesehatan dengan bahan bahan alami yang berkualitas, khususnya ditengah pandemi covid saat ini.

Kerjasama ini dilakukan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara PT. Mustika Ratu Tbk (MRAT) dengan PT. Indofarma Tbk (MART) pada hari Selasa, tanggal 21 Juli 2020 di Jakarta. Penandatanganan dilakukan oleh Presiden Direktur PT. Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang dan Direktur Utama PT. Indofarma Tbk Arief Pramuhanto disaksikan oleh Puteri Indonesia 2020, Rr. Ayu Maulida Putri.

PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) didirikan oleh cucu Raja Kasunanan Surakarta Paku Buwono X, DR. BRA. Mooryati Soedibyo, merupakan perusahaan produsen kosmetik dan jamu ternama di Indonesia.  Perusahaan yang dimulai dari garasi rumah itu menjadi perusahaan terbuka (go public) ditahun 1995 dengan melakukan penawaran umum perdana dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Dengan pengalaman lebih dari 45 tahun serta inovasi yang terus dilakukan, Mustika Ratu dapat bersaing dan terus diminati oleh konsumen di dalam dan luar negeri.  Keberhasilan ini tentu saja didukung oleh produk-produk Mustika Ratu yang telah terbukti secara empiris dan juga klinis sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Apalagi  Brand Mustika Ratu bertahun-tahun selalu berhasil mendapatkan penghargaan Top Brand Awards dan Indonesia Best Brand menunjukkan potensi yang kuat bagi Mustika Ratu untuk merambah pasar dalam dan luar negeri .

Sedangkan PT Indofarma Tbk  dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri dan pemasaran produk farmasiextract & natural medicine, dan diagnostic & medical equipment. Indofarma juga memiliki fasilitas produksi herbal yang berkapasitas besar dan modern. Dengan kemampuan mengolah bahan alami dalam skala besar, Indofarma siap bekerjasama dengan mitra kerja melalui toll in manufacturing.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang menjelaskan bahwa “ kebutuhan produk kesehatan masih bergantung dari produk impor, padahal Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah.  Melalui Kerjasama Mustika Ratu dan Indofarma diharapkan dapat membantu pemerintah dalam penyediaan produk kesehatan yang berbahan alami asli Indonesia yang sangat bermanfaat untuk kesehatan pada masyarakat serta berkontribusi kepada negara Indonesia.  Selain itu dengan adanya kerja sama ini, Mustika Ratu bisa mendapatkan bahan baku yang lebih besar dan berkualitas. Volume produksi yang besar, biaya produksi lebih efisien. Indofarma juga bisa meriset herbal lainya untuk kebutuhan produk kosmetik Mustika Ratu.  Ini akan menjadi kerja sama yang baik untuk kedua belah pihak, ” ujar Bingar.

(Caption)
Dari kanan: Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang, Mustika Ratu Business Development and Innovation & Spa Director, Kusuma Ida Anjani, Direktur Utama PT Indofarma Tbk (INAF), Arief Pramuhanto dan Puteri Indonesia 2020, Rr. Ayu Maulida Putri dan Chief Officer Marketing Mustika Ratu, Yuniastuti K. Putri melihat produk Mustika Ratu usai menandatangani nota kesepahaman di Jakarta, Selasa (21/7/2020)

Lebih lanjut Presiden Direktur PT Indofarma Tbk (INAF), Arief Pramuhanto menambahkan bahwa Indofarma memiliki fasilitas produksi yang cukup lengkap dan kualitas tinggi.  Indofarma nantinya akan mengembangkan produk herbal dan menyediakan ekstrak, sehingga diharapkan dapat melengkapi channel distribusi Indofarma nantinya. Indofarma berharap kerja sama ini akan terus berlanjut kedepannya, “ kata Arief.

Adapun tujuan yang tertuang dari penandatanganan Nota Kesepahaman ini adalah untuk penjajakan rencana kerja sama untuk menyusun kajian kelayakan usaha berupa :

  • Kerja sama pemasaran dan distribusi existing product masing-masing pihak untuk omni channel.
  • Kerja sama pengembangan portofolio produk Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka
  • Kerja sama toll manufacturing, baik parsial maupun all package mulai dari registrasi, bahan baku, produksi, hingga pengemasan.
  • Mengembangkan portofolio produk baru dan existing product, joint operation, product ownership, rejuvenating desain dan produk.
  • Indofarma menyediakan produk ekstrak untuk Mustika Ratu sesuai kebutuhan dengan kualitas dan mutu terjamin.
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter