Press Release – Malam Puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2020, dihadiri 3 Ratu Dunia

Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan, Miss International 2019, Sireethorn Leearamwat dari Thailand dan Miss Supranational 2019, Anntonia Porsild dari Thailand akan menghadiri malam puncak Pemilihan Puteri Indonsia (PPI) 2020 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jumat malam (06/3). Ketiga Ratu Dunia tersebut sudah tiba di Jakarta, Kamis (05/3).

Miss Universe 2019 akan berada di Indonesia selama 7 hari dari tanggal 5-11 Maret 2020. Sedangkan untuk Miss International 2019 dan Miss Supranational 2019 akan berada di Indonesia selama 5 hari dari tanggal 4-8 Maret 2020. Selama di Indonesia, 3 Ratu Dunia tersebut akan mengikuti berbagai rangkaian acara yang telah disiapkan oleh pihak Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu. Salah satu agenda terpentingnya adalah menghadiri acara Malam Grand Final Puteri Indonesia 2019 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (06/3) yang disiarkan secara langsung di SCTV pukul 20.00 WIB.

Sebelum menghadiri acara Grand Final, 3 Ratu Dunia ini akan mengikuti acara Press Conference pukul 16.30 pada hari Jumat, tanggal 06 Maret 2019 di Summit Room di Jakarta Convention Center. Hadir sebagai panelis Press Conference antara lain, Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, Ketua Umum Yayasan Puteri Indonesia, Prof. Wardiman Djojonegoro, Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi, Miss International 2019, Sireethorn Leearamwat, Miss Supranational 2019, Anntonia Porsild, Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull, Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie Rotinsulu, Puteri Indonesia Pariwisata 2019, Jesica Fitriana, Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrisno Laiskodat, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang, VP Marketing Lazada Indonesia, Sawitri Hertoto dan Marketing Communication Manager Grand Sahid Jaya Hotel, Keisha T Putri.

Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan bahwa Penyelenggaraan Pemilihan Puteri Indonesia 2020 kami pastikan aman dengan segala persiapan yang matang. Kami telah menyediakan hand sanitizer yang disebar di lebih dari 50 titik dengan kapasitas 10.000 kali penggunaan. Dengan hadirnya Miss Universe 2019, Miss International 2019 dan Miss Supranational 2019 menunjukkan bahwa Indonesia aman namun tetap waspada terhadap penyebaran virus corona.

Malam Puncak Puteri Indonesia 2020, menjadi begitu spesial karena selain Miss Universe 2019, Miss International 2019 dan Miss Supranational 2019, YPI dan Mustika Ratu juga mendatangkan Miss Universe 2015, Pia Alonzo Wurtzbach yang akan menjadi juri dan sekaligus menyambut Puteri Indonesia yang baru. YPI sebagai satu-satunya franchise holder Miss Universe, Miss International dan Miss Supranational di Indonesia berhak mendatangkan Miss Universe, Miss International dan Miss Supranational untuk menghadiri Pemilihan Puteri Indonesia” ujar Putri.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang juga menjelaskan bahwa Mustika Ratu sebagai pioneer industri kosmetik dan jamu berbasis budaya serta berbahan alami, konsisten untuk mempercantik ratu-ratu dunia dan seluruh finalis Puteri Indonesia.

Dengan memanfaatkan kekayaan alam dan budaya Indonesia, Mustika Ratu berkomitmen melestarikan resep leluhur serta filosofi kecantikan Keraton Jawa melalui rangkaian produk berbahan alami terbaik, aman, dan halal. Untuk menghasilkan rangkaian produk andalan bermutu tinggi, Mustika Ratu menerapkan standar internasional ISO pada tiap proses pengolahan. Produk-produk Mustika Ratu saat ini telah mendapat tempat di pasar internasional dan diekspor ke lebih dari 20 negara.” jelas Egi.

Mustika Ratu juga aktif berpartisipasi meningkatkan kesehatan masyarakat dengan menggalakkan minum jamu asli Indonesia melalui Nge-Jamu. Mustika Ratu sebagai produsen jamu yang berpengalaman, ingin menghidupkan kembali jamu sebagai produk lokal Indonesia dan menjaga kesehatan stamina tubuh. Nge-Jamu dari Mustika Ratu diwujudkan dalam bentuk Nge-Jamu Van, Nge-Jamu Bar dan Nge-Jamu Corner.

Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan, Miss International 2019, Sireethorn Leearamwat dari Thailand dan Miss Supranational 2019, Anntonia Porsild dari Thailand selama di Indonesia akan menginap dan mendapatkan pelayanan dan kenyamanan terbaik di official hotel partner Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta. Selain itu juga Miss Universe 2019, bersama Puteri Indonesia 2020 dan Top 11 Puteri Indonesia 2020 akan melakukan kegiatan bersama Lazada yang disiarkan langsung di Channel Web Lazada.

Vice President Marketing Lazada Indonesia, Sawitri Hertoto mengungkapkan bahwa, “Sebuah kebanggaan bagi Lazada sebagai platform e-commerce tujuan gaya hidup untuk dapat kembali mendukung kegiatan Puteri Indonesia di tahun ini. Puteri Indonesia merupakan sebuah ajang nasional yang selalu mengedepankan peranan kuat wanita Indonesia sebagai bagian kekayaan budaya nusantara. Dan melalui LazMall, kami juga bangga dapat menjadi mitra dalam membangun citra merek kecantikan lokal berkualitas dan terpercaya wanita Indonesia, seperti Mustika Ratu.

Sebanyak 39 finalis yang berprofesi sebagai mahasiswi, dokter, model, pilot, karyawati, pengusaha dari 34 provinsi berkompetisi untuk memperebutkan mahkota borobudur persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT), beberapa tokoh penting yang akan menjadi juri untuk menentukan pemenang Puteri Indonesia 2020, seperti Ketua MPR Republik Indonesia, Bambang Soesatyo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Gusti Ayu Bintang, Menteri BUMN, Erick Thohir, Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Triawan Munaf, Miss Universe 2015, Pia Alonzo Wurtzbach, Puteri Indonesia 2018, Sonia Fergina Citra, Direktur Business Development & Innovation PT Mustika Ratu Tbk, Kusuma Anjani, Ketua Bidang Organisasi Yayasan Puteri Indonesia, Kusumadewi Sutanto dan Senior Corporate Communication Yayasan Puteri Indonesia, Mega Angkasa.

Sebelumnya para finalis Puteri Indonesia 2020 telah mengikuti beberapa rangkaian kegiatan diantaranya beauty class bersama Mustika Ratu, pembekalan dari Dr. Cri Puspa Dewi Motik Pramono, MSc, pembekalan etika berbusana dan table manner, pembekalan dari Badan Narkotika Nasional (BNN), kunjungan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pembekalan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pembekalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, pembekalan dari Ketua Dekranasda NTT, pembekalan dari Lazada Indonesia, pembekalan literasi finansial bersama APRDI dan Bursa Efek Indonesia, pembekalan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, pembekalan dari PPM dan IPMI, dan pembekalan lainnya. Para finalis pun akan menjalani sesi psikotes oleh psikolog Poppy Amalya bahwa parameter penilaian dalam Pemilihan Puteri Indonesia yang dicita-citakan yakni sosok Puteri Indonesia yang memenuhi kriteria 3B yakni Brain (kecerdasan), Beauty (berpenampilan menarik), dan Behavior (berperilaku baik).

Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani menjelaskan bahwa ada beberapa gelar yang telah YPI siapkan di malam grand final yakni Puteri Indonesia 2020, Puteri Indonesia Lingkungan 2020, Puteri Indonesia Pariwisata 2020, Puteri Indonesia Persahabatan, Puteri Indonesia Berbakat, Puteri Indonesia Intelegensia, Puteri Indonesia Busana Tradisional terbaik dan Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan. Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan dipilih berdasarkan polling melalui sosial media untuk 6 kepulauan di Indonesia. Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan Sumatera, Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan Jawa, Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan Kalimantan, Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan Sulawesi, Puteri Indonesia Favorit Sosial Kepulauan Nusra-Bali, dan Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan Indonesia Timur. Dan untuk Puteri Indonesia juara 1, 2, dan 3 akan berkesempatan membawa harum nama Indonesia di kancah internasional seperti Miss Universe, Miss International, dan Miss Supranational dan untuk 3 pemenang Puteri Indonesia terpilih juara 1, 2 dan 3 akan mendapatkan beasiswa S2 dari PPM serta 3 Puteri Indonesia Intelegensia terpilih akan mendapatkan 3 beasiswa penuh dari IPMI.

Pada malam grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2020, para finalis akan tampil memukau dengan sentuhan make up dari Mustika Ratu Beauty Queen Series yang berkolaborasi dengan make up artist Bubah Alfian, busana dengan kain-kain asli Indonesia dengan warna dan khas Nusa Tenggara Timur sebagai produk industri tradisional berbasis budaya melalui desainer anak bangsa seperti Eko Tjandra, Hans Sallam, Jacobs Aditya, Defrico Audy, Diana M Putri, Intan Avantie, Anne Avantie yang semuanya memilki ciri khas Touch of NTT dibantu stylist Doley Tobing, dan perhiasan dari Hartono Wira Tanik (HWT) serta Elizabeth Wahyu dan sepatu dari Noche.

Kesuksesan acara Pemilihan Puteri Indonesia 2020 dan kunjungan Miss Universe 2019 tidak terlepas dari dukungan para sponsor diantaranya Mustika Ratu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Lazada Indonesia, Panasonic, Citrus, Hotel Grand Sahid Jaya, Official Laundry Puteri Indonesia dari 5asec, Dermaster Klinik Indonesia, Perhiasan dari Hartono Wira Tanik (HWT), Elizabeth Wahyu, Noche, Taman Sari Royal Heritage Spa, LPPMS, Paradigm Fitness, Pure Dental, Wall Street English, PPM, IPMI, Gandaria City, Nestle, Frisian Flag Indonesia, Enesis, Kartika Sari, Bakmi Naga, Eyelashes dari Sarita Beauty, Double L Uomo, Eko Tjandra, Hans Sallam, Jacobs Aditya, Defrico Audy, Diana M Putri, Intan Avantie, Anne Avantie, Bubah Alfian, Doley Tobing, Nina Nasution Florist, Gandaria City, Plataran Indonesia, Official Fotografer Ronny Ario Joewono, Hartono Hosea, Yessica Riani, Burhan Prawira, Shakti Sidharta, Wong Sim, Rudi Hartono, serta media partner SCTV, Media Indonesia, Liputan6.com, Kapanlagi.com dan Fimela.com.

Untuk Informasi Lebih Lanjut:

Corporate Communication

Yayasan Puteri Indonesia

Telp. (021) 830 6754

Fax. (021) 830 6603

e-mail : publicrelations@mustika-ratu.co.id

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter