2 Kunci Penting Meningkatkan Imunitas Tubuh untuk Mencegah Penyakit

Wabah penyakit COVID-19 beberapa bulan terakhir sedang marak di seantero dunia. Gara-gara COVID-19 tersebut, kita juga jadi lebih sering mendengar istilah imunitas atau kekebalan tubuh. Apa sebenarnya imunitas itu dan seberapa penting peran sistem imun untuk mencegah penyakit?

Sistem imun bisa kita ibaratkan sebagai tentara di tubuh kita, sedangkan virus atau bakteri penyebab penyakit adalah musuh bagi tubuh kita. Proses inflamasi (peradangan) dan infeksi yang terjadi pada tubuh adalah akibat dari terjadinya perang antara kedua belah pihak. Peperangan akan dimenangkan oleh tubuh kita, jika kita memiliki bala tentara yang kuat. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memiliki sistem imun yang kuat dan sehat.

Garis pertahanan pertama tubuh kita adalah dengan tetap menjalani gaya hidup sehat (healthy lifestyle). Setiap bagian dari tubuh kita, termasuk sistem kekebalan tubuh, akan bekerja lebih baik ketika didukung oleh strategi hidup sehat. Dua diantara banyak tips penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan.

Asupan nutrisi seimbang sangat penting untuk proses metabolisme tubuh dan regenerasi sel. Tidak cukup hanya 4 sehat 5 sempurna, kita juga perlu asupan tambahan makro dan mikro nutrisi yang bisa menunjang ketahanan tubuh, misalnya vitamin, suplemen dan rempah-rempah. Rempah-rempah seperti temulawak, jahe merah, kunyit, kencur dan asam jawa dapat membantu untuk mencukupi nutrisi utama karena rempah-rempah tersebut mengandung banyak zat aktif yang dapat meningkatkan sistem imun. Misalnya sebagai antimikroba, anti kanker, antiinflamasi, antioksidan, dan lain-lain. Kini banyak tersedia kemudahan untuk dapat mengonsumsi rempah/jamu secara praktis.

Kunci selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan. Banyak penyakit yang menjangkit di tubuh kita akibat lalai menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri. Penyakit tersebut dapat kita antisipasi dengan cara rutin mandi dan mencuci tangan dengan sabun yang mengandung antiseptik dan antioksidan. Selain dengan sabun, mencuci tangan juga bisa menggunakan hand sanitizer (gel maupun spray) secara berkala. Misalnya setelah menyentuh benda-benda yang bersifat publik atau sering disentuh banyak orang seperti pegangan tangga, uang, tombol lift, mesin atm, dan gagang pintu. Mencuci tangan dengan sabun maupun hand sanitizer harus dilakukan secara menyeluruh dari telapak tangan, punggung tangan, hingga sela-sela jari.

Mustika Ratu terus melakukan inovasi untuk menghadirkan produk-produk kesehatan yang dapat membantu meningkatkan sistem imun. Diantaranya wedang immune booster package dan Jamu RTD (ready to drink) untuk pencegahan penyakit dari dalam, serta hand sanitizer (gel dan spray) untuk pencegahan penyakit dari luar. Wedang imboost package tersedia dalam 4 varian jamu sediaan serbuk yaitu wedang temulawak, beras kencur, kunir asam, dan jahe merah. Kandungan dari wedang-wedang tersebut sudah sangat dikenal khasiat alaminya untuk kesehatan.

Anda dapat menemukan produk wedang dan berbagai minuman berkhasiat kami lainnya disini.

Sumber: https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter