Press Release – Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu Gelar Pemilihan Puteri Indonesia Ke-24 Tahun 2020

Yayasan Puteri Indonesia didukung penuh oleh Mustika Ratu kembali menggelar ajang tahunan Pemilihan Puteri Indonesia ke 24 tahun 2020 dengan mengusung tema kekayaan budaya dan keindahan alam Nusa Tenggara Timur (NTT).

Melalui ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2020, Yayasan Puteri Indonesia siap mendukung untuk memajukan pariwisata Indonesia khususnya Provinsi Nusa Tenggara Timur, hal ini sesuai dengan komitmen Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk mempromosikan NTT, khususnya Labuan Bajo sebagai salah satu pesona wisata Indonesia bagi wisatawan mancanegara maupun lokal yang masuk dalam 5 Destiniasi Pariwisata Super Prioritas.

39 Finalis Puteri Indonesia 2020 yang mewakili dari 34 provinsi kini telah berada di Jakarta untuk mengikuti Press Conference Pemilihan Puteri Indonesia 2020 yang diselenggarakan di Solo Lounge, Lobby Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (26/2). Sebanyak 39 finalis yang berprofesi sebagai mahasiswi, dokter, model, pilot, karyawati, pengusaha dari 34 provinsi siap berkompetisi untuk memperebutkan 3 (tiga) mahkota Borobudur persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT).

Hadir sebagai Panelis dalam Konferensi Pers Puteri Indonesia 2020, Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Monica Rudijono, General Manager Hotel Grand Sahid Jaya, Lily N. Arifin, Direktur Promosi Wisata Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Adella Raung, Ketua Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Julie Sutrisno Laiskodat, Ketua Panitia Pemilihan Puteri Indonesia 2020, Kusuma Ida Anjani, Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull, Puteri Indonesia Lingkungan 2019, Jolene Marie Rotinsulu dan Puteri Indonesia Pariwisata 2019, Jesica Fitriana Martasari dan pembawa acara dipandu oleh Puteri Indonesia Intelegensia II 2019, Anastasia Praditha dan Puteri Indonesia Jambi 2019, Offie Dwi Natalia.

Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan bahwa, “Melalui ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2020 ini diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan di kalangan remaja puteri Indonesia terhadap potensi kekayaan budaya dan keindahan alam tanah air, khususnya di bidang pariwisata untuk memperkuat kebhinekaan bangsa bagi generasi muda. Kami ingin mendorong para remaja puteri Indonesia untuk mengembangkan potensi mereka melalui kreativitas dan potensi yang beragamtutur Putri saat konferensi pers di Jakarta, (26/2).

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang menjelaskan bahwa Mustika Ratu sangat bangga dan peduli terhadap prestasi perempuan Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa di kontes kecantikan Internasional. “Kami sebagai perusahaan kosmetik yang berbasis budaya lokal sangat bangga dan berkomitmen untuk terus mendukung prestasi perempuan Indonesia melalui ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2020. 39 Finalis Puteri Indonesia 2020 yang berasal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia ini dapat mempromosikan pariwisata, budaya dan produk-produk asli Indonesia kepada seluruh masyarakat Indonesia hingga dunia” jelas Egi.

Selanjutnya, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Monika Rudijono, sebagai salah satu sponsor utama Pemilihan Puteri Indonesia menjelaskan bahwa “Lazada mendukung kegiatan Puteri Indonesia untuk kedua kalinya di tahun ini. Citra Puteri Indonesia mengedepankan peran kuat wanita dalam kekayaan khazanah budaya Indonesia. Dalam hal ini, Lazada melalui LazMall turut mendukung kegiatan positif Puteri Indonesia dan menjadi mitra dalam mengedepankan rangkaian produk-produk kecantikan authentic yang sesuai untuk wanita Indonesia seperti di antaranya Mustika Ratu.

Ketua Dekranasda Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat juga menjelaskan bahwa, komitmen untuk mempromosikan NTT khususnya pariwisata dimulai dari Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. “Kami sangat komit untuk mendukung pariwisata NTT. Mulai dari Labuan Bajo. Saya berharap agar para finalis Puteri Indonesia tidak hanya cantik tetapi harus memancarkan inner beauty dari hati yang tulus. Karena kalian tidak hanya mewakili keluarga dan provinsi tetapi akan mewakili Indonesia di ajang dunia,” ucap Julie Sutrisno Laiskodat yang biasa disapa Bunda Julie.

Tahun ini, Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi tema sentral dari Pemilihan Puteri Indonesia 2020 yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia serta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Puteri Indonesia siap mempromosikan Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas kepada seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Melalui kerja sama ini, Top 3 Puteri Indonesia 2019 telah melakukan pembuatan video opening untuk malam grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2020 di Labuan Bajo. Pada 23-24 Februari 2020, 39 Finalis Puteri Indonesia 2020 juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Familiarization Trip atau famtrip agar lebih mengenal potensi pariwisata di Labuan Bajo. Tahun ini, Top 3 Puteri Indonesia 2020 juga akan menggunakan national costume bertemakan Nusa Tenggara Timur di ajang bergengsi internasional yaitu Miss Universe 2020, Miss International 2020 dan Miss Supranational 2020.

Pada saat karantina, 39 finalis Puteri Indonesia 2020 akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan diantaranya beauty class dan product knowledge bersama Mustika Ratu, koreografi, pembekalan dari Dr. Cri Puspa Dewi Motik Pramono, MSc, pembekalan dari Lazada, pembekalan dari Google Digital Marketing, pembekalan etika berbusana dan table manner, pembekalan motivasi dari Roy Darmawan, PPM dan IPMI, pembekalan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pembekalan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), pembekalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, pembekalan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pemaparan advokasi para finalis dan kegiatan sosial dengan mengunjungi Yayasan Vina Smart Era, yayasan yang bergerak dalam bidang HIV. Berdiri resmi pada tahun 2015, oleh Vina Tarigan, yayasan ini terfokus pada anakanak yang terinfeksi HIV sejak lahir.

Para finalis pun akan menjalani sesi psikotes oleh psikolog Poppy Amalya bahwa parameter penilaian dalam Pemilihan Puteri Indonesia yang dicita-citakan yakni sosok Puteri Indonesia yang memenuhi kriteria 3B yakni Brain (kecerdasan), Beauty (berpenampilan menarik), dan Behavior (berperilaku baik). Ditengah jadwal karantina yang padat, para finalis akan mendapatkan kemanjaan dengan relaksasi dan perawatan kesehatan dari Taman Sari Royal Heritage Spa. Selama menjalani serangkaian masa karantina, para finalis menginap dan mendapatkan pelayanan dan kenyamanan terbaik di official hotel partner Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta dari tanggal 26 Februari – 07 Maret 2020.

Para finalis juga akan memperagakan busanabusana hasil karya desainer anak negeri dalam acara Fashion Show Indonesia Berbasis Budaya bekerja sama dengan KADIN Industri Tradisional Berbasis Budaya dilanjutkan Peragaan Kostum Nasional (National Costume) dan Malam Seni dan Budaya tanggal 29 Februari 2020 di Mall Gandaria City, dimana para finalis akan menunjukkan keterampilan dan bakatnya yang mewakili seni dan budaya daerahnya masing-masing. Dari unjuk bakat ini akan terpilih 3 nominasi Puteri Berbusana Tradisional Terbaik dan 3 nominasi Puteri Berbakat Terbaik.

Malam puncak grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2020 akan diselenggarakan Jumat (06/3) di Plenary Hall, Jakarta Convention Center yang disiarkan secara langsung di SCTV dihadiri oleh Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan, Miss International 2019, Sireethorn Leearamwat dari Thailand dan Miss Supranational 2019 Anntonia Porsild dari Thailand. Yayasan Puteri Indonesia sebagai satu-satunya pemegang lisensi Miss Universe, Miss International dan Miss Supranational di Indonesia berhak mendatangkan Miss Universe, Miss International dan Miss Supranational untuk menghadiri Pemilihan Puteri Indonesia.

Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani menjelaskan bahwa ada beberapa gelar yang telah YPI siapkan di malam grand final yakni Puteri Indonesia 2020, Puteri Indonesia Lingkungan 2020, Puteri Indonesia Pariwisata 2020, Puteri Indonesia Persahabatan, Puteri Indonesia Berbakat, Puteri Indonesia Intelegensia, dan Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan. Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan dipilih berdasarkan polling melalui aplikasi Netzme untuk 6 kepulauan di Indonesia. Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan Sumatera, Puteri Indonesia Favorit Sosial media Kepulauan Jawa, Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan Kalimantan, Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan Sulawesi, Puteri Indonesia Favorit Sosial Kepulauan Nusra-Bali, dan Puteri Indonesia Favorit Sosial Media Kepulauan Indonesia Timur, serta Puteri Indonesia Digital & Social Media yang akan langsung masuk jajaran Top 11 hasil dari voting di Lazada. Seluruh masyarakat Indonesia dapat mengaksesnya di bit.ly/votePI2020, masyarakat dapat mengumpulkan vote dengan melakukan pembelian di Official Mustika Ratu Shop di Lazada minimum Rp 150.000 (1 vote = Rp 100) kemudian memasukkan kode unik yang ada di bawah foto finalis saat checkout pemesanan di bagian ”Masukkan Kode Voucher” dan akan mendapatkan diskon 20% dengan menggunakan kode unik tersebut dan diakhiri dengan menyelesaikan pembayaran. Setelah melakukan pembayaran, masyarakat Indonesia juga dapat menukarkan poin pembelanjaan untuk memberikan vote kepada finalis Puteri Indonesia 2020 di vote.puteri-indonesia.com.

Untuk Puteri Indonesia juara 1, 2, dan 3 akan berkesempatan membawa harum nama Indonesia di kancah Internasional seperti Miss Universe, Miss International, dan Miss Supranational dan untuk 3 pemenang Puteri Indonesia terpilih juara 1,2 dan 3 akan mendapatkan beasiswa S2 dari PPM serta 3 Puteri Indonesia Intelegensia terpilih akan mendapatkan 3 beasiswa penuh dari IPMI.

Pada malam grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2020, para finalis akan tampil memukau dengan sentuhan make up dari Mustika Ratu Beauty Queen Series yang berkolaborasi dengan make up artist Bubah Alfian, busana dengan kain-kain asli Indonesia dengan warna dan khas Nusa Tenggara Timur sebagai produk industri tradisional berbasis budaya melalui desainer anak bangsa seperti Eko Tjandra, Hans Sallam, Jacobs Aditya, Defrico Audy, Diana M Putri, Intan Avantie, Anne Avantie yang semuanya memilki ciri khas Touch of NTT dibantu stylist Doley Tobin, dan perhiasan dari Hartono Wira Tanik (HWT) serta Elizabeth Wahyu dan sepatu dari Noche.

Kesuksesan acara Pemilihan Puteri Indonesia 2020 dan kunjungan Miss Universe 2019 tidak terlepas dari dukungan para sponsor diantaranya Mustika Ratu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Lazada Indonesia, Panasonic, Citrus, Hotel Grand Sahid Jaya, Official Laundry Puteri Indonesia dari 5asec, Dermaster Klinik Indonesia, Perhiasan dari Hartono Wira Tanik (HWT), Elizabeth Wahyu, Noche, Taman Sari Royal Heritage Spa, LPPMS, Paradigm Fitness, Pure Dental, Wall Street English, PPM, IPMI, Gandaria City, Nestle, Frisian Flag Indonesia, Bakmi Naga, Eyelashes dari Sarita Beauty, Double L Uomo, Eko Tjandra, Hans Sallam, Jacobs Aditya, Defrico Audy, Diana M Putri, Intan Avantie, Anne Avantie, Bubah Alfian, Doley Tobing, Nina Nasution Florist, Gandaria City, Plataran Indonesia, Official Fotografer Ronny Ario Joewono, Hartono Hosea, Yessica Riani, Burhan Prawira, Shakti Sidharta, Wong Sim, Rudi Hartono, serta media partner SCTV, Media Indonesia, Liputan6.com, Kapanlagi.com dan Fimela.com.

Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print

Subscribe to Our Newsletter