Mustika Ratu Gandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kegiatan Rutin Ayo Minum Jamu

Jakarta, 20 Maret 2015 – PT Mustika Ratu Tbk secara konsisten menggalangkan kampanye “Ayo Minum Jamu” dengan berkeliling secara rutin setiap minggu ke Kementerian Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Bekerja sama dengan Gerakan Pengusaha (GP) Jamu dan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Mustika Ratu menggelar acara Minum Jamu bersama Setiap Hari Jumat untuk yang kesepuluh kalinya dengan tema Bugar dengan Jamu (Bude Jamu) pada hari Jumat (20/3) bertempat di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jl. Medan Merdeka Timur No. 16 jakarta. Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Industri Berbasis Budaya Putri K. Wardani.

Selain itu PT. Mustika Ratu Tbk juga mempersiapkan 200 minuman kemasan/tetra pack Gula Asam, Kunir Asam dan Beras Kencur kepada para pengunjung yang hadir di acara tersebut. Minuman jamu kemasan ini sangat aman dikonsumsi karena menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature) dan dikemas dalam kemasan aseptik, sehingga minuman kemasan ini dapat bertahan lama tanpa menggunakan pengawet. Selain itu, minuman kemasan ini sangat praktis dan bisa dibawa kemanapun.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya Putri K Wardhani meminta pemerintah tidak tanggung-tanggung mempromosikan jamu jika benar-benar menginginkan minuman khas Indonesia mendunia. Seperti halnya Korea yang sukses memperkenalkan budayanya ke dunia.

“Seperti Korea yang memasukkan K-pop mereka menjadi terkenal di seluruh dunia, Saya berharap jamu juga dapat seperti itu” paparnya. Ia juga mengatakan bahwa Indonesia sebagai pemilik kekayaan alam bioverditas di dunia berkesempatan besar untuk bereksplorasi menggunakan tumbuhan alami untuk kesehatan, perawatan kecantikan dan pengobatan.

Secara industri, perdagangan jamu masih harus diupayakan lewat Mustika Ratu dan asosiasi GP Jamu.” Indonesia itu merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brazil sehingga berkesempatan besar untuk bereksplorasi menggunakan tumbuhan alami untuk kesehatan, perawatan kecantikan dan pengobatan. Jangan sampai kita tidak memaksimalkan itu semua. Saya yakin jamu mampu menjadi nilai jual yang tinggi bagi Indonesia. Saya tidak ingin tiba-tiba ada Negara lain mengklaim jamu sementara kita malah meninggalkannya” ujar Putri.

Turut hadir Puteri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri yang ikut serta menjadi pelopor bagi generasi muda untuk gemar mengkonsumsi minuman khas tradisi leluhur kita, yakni Jamu. “menurut Saya jamu itu manfaatnya sangat besar bagi tubuh kita. Saya rutin minum jamu dan terasa sekali daya tahan tubuh Saya menjadi tinggi. Saya juga merasa sehat dan cantik luar dalam,” papar Puteri Indonesia asal Jawa Tengah ini.