Mustika Ratu dan Kementerian Perindustrian Gelar Minum Jamu Bersama

Jakarta, 30 Agustus 2016 – PT Mustika Ratu Tbk sebagai perusahaan kosmetik dan jamu terbesar di Indonesia yang sangat peduli dengan warisan dan budaya Indonesia, bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian menggelar acara Pameran Jamu & Kosmetika serta Minum Jamu Bersama yang diadakan dari tanggal 30 Agustus – 2 September 2016. Kegiatan pembukaan yang dilakukan di Aula Garuda Kementerian Perindustrian, Selasa (30/8/2016) ini dihadiri oleh Ketua PPA Kosmetika yang juga Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya Putri K. Wardani, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani serta Puteri Indonesia 2016, Kezia Warouw yang juga menjadi pelopor bagi generasi muda untuk gemar mengkonsumsi minuman khas tradisi leluhur Indonesia ini.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Putri K Wardani yang juga Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya dan Ketua PPA Kosmetika mengatakan “Mustika Ratu sebagai produk kosmetika tradisional Indonesia mempunyai kesempatan untuk mendominasi pasar kosmetika nasional dengan produk-produknya yang berbahan dasar alami. Hampir seluruh produk kami diramu sesuai resep leluhur yang diwariskan turun menurun. Namun kini produk-produk ini dibuat dengan menggunakan teknik dan mesin modern yang memenuhi standar ketat kualitas dan keamanan. Berawal dari usaha rumah tangga, kini telah tumbuh menjadi perusahaan consumer products yang besar. Produk-produk Mustika Ratu kini menempati posisi puncak dipasar domestic dan diterima baik di pasar luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. Perusahaan berencana untuk meningkatkan ekspor dan penetrasi ke pasar internasional,” ujarnya.

Mustika Ratu sebagai perusahaan Jamu dan Kosmetik turut mendukung acara ini dengan menyiapkan minuman kemasan atau tetra pack Gula Asam, Kunir Asam dan Beras Kencur. Minuman jamu kemasan ini sangat aman dikonsumsi karena menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature) yang memungkinkan pengolahan 100% bahan-bahan segar jamu menjadi aneka ramuan dan dikemas dalam kemasan aseptik, sehingga minuman kemasan ini dapat bertahan lama tanpa menggunakan pengawet.

Putri menambahkan, “Perusahaan kami akan terus mendukung gerakan minum jamu bersama, sebagai perwujudan gerakan Indonesia Ayo Minum Jamu untuk Indonesia Sehat. Indonesia sebagai pemilik kekayaan alam bioverditas di dunia berkesempatan besar untuk bereksplorasi menggunakan tumbuhan alami untuk kesehatan, perawatan kecantikan dan pengobatan. Tujuan gerakan minum jamu ini adalah untuk membangkitkan rasa kecintaan kepada budaya tradisional dan kearifan lokal, selain itu juga mengembangkan potensi ekonomi industri berbasis budaya yang menjadi unggulan kompetitif Indonesia,“ ungkap Putri.

Dalam berbagai kegiatan minum jamu bersama, Mustika Ratu juga selalu menghadirkan Puteri Indonesia sebagai icon remaja Puteri Indonesia untuk minum jamu bersama. Hal ini untuk memberikan contoh kepada seluruh remaja Indonesia untuk bangga akan kekayaan alam Indonesia dan kemampuan nenek moyang bangsa yang mahir meracik hasil alam sehingga menjadi minuman berkhasiat asli Indonesia yaitu Jamu.