Founder

5

DR. Hj. BRA. Mooryati Soedibyo,S.S, M.Hum

Founder
 

Hj. DR. BRA. Mooryati Soedibyo, S.S., M. Hum lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 5 Januari 1928. Beliau adalah cucu dari Sri Susuhunan Pakoe Boewono X dari Keraton. Sejak usia 3 tahun beliau tinggal di Keraton Surakarta yang dikenal sebagai sumber kebudayaan Jawa. Di keraton itu, beliau mendapat pendidikan secara tradisional yang menekankan pada tata krama, seni tari klasik, kerawitan, membatik, ngadi saliro ngadi busono, mengenal tumbuh-tumbuhan berkhasiat, meramu jamu, dan kosmetika tradisional dari bahan alami, bahasa sastra Jawa, tembang dengan langgam mocopat, aksara Jawa Kuno, dan bidang seni lainnya.

Karena keahliannya dalam meracik jamu, Ibu Mooryati Soedibyo mendirikan perusahaan jamu dan kosmetika terbesar di Indonesia yaitu PT. Mustika Ratu, Tbk. Dimulai dari garasi rumahnya, bisnis yang dijalankan Ibu Mooryati Soedibyo terus berkembang setiap tahunnya. Bisnisnya telah membantu menciptakan lapangan pekerjaan dengan merekrut sekitar 3000 tenaga kerja yang secara langsung memperbaiki taraf hidup 3000 keluarga Indonesia. Tidak hanya itu, bisnis ini juga turut menjadi kebanggaan Indonesia sebagai salah satu produk bermutu yang berbahan tumbuhan alami Indonesia serta dihasilkan dari sumber daya Indonesia, yang disukai di mancanegara.

Dengan segala pengetahuan tentang tradisi dan budaya Jawa yang dimiliki oleh Ibu Mooryati Soedibyo, Beliau pun mulai mendokumentasikan pengetahuan-pengetahuan tersebut dalam bentuk buku. Buku pertamanya adalah “Seni Ngadi Saliro dan Ngadi Busono” (1978). Kemudian Ia menulis “Alam Sumber Kesehatan” di tahun 1998 yang menurutnya adalah sebuah ensiklopedia jamu-jamuan. Tahun 2000, Mooryati Soedibyo membuat buku berjudul “Pengantin Indonesia”. Tiga tahun sesudahnya, Ia kembali menulis buku tentang busana keraton yang diterbitkan dalam versi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, yaitu “Busana Keraton Surakarta Hadiningrat”. Beliau juga menulis tentang manfaat tumbuh tumbuhan khususnya rempah rempah Indonsesia yang berjudul Alam Sumber Kesehatan, dan buku terakhir yang Ia tulis adalah “Transforming Woman’s Voices”, sebuah buku yang bercerita tentang pengalamannya selama 5 tahun sebagai anggota lembaga legislatif.

Dalam usianya yang ke-87, DR BRA Mooryati Soedibyo masih aktif dalam berbagai kegiatan, seperti menjabat sebagai salah satu penasehat HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia), pembicara di seminar dan lokakarya, serta aktif menjadi pengajar sekolah yang beliau dirikan yaitu LPPMS (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mooryati Soedibyo) dan WEA (Women Entrepreneurship Academy). Sesekal beliau ikut mengawasi jalannya perusahaan yang kini dilanjutkan oleh putri keduanya, Putri K. Wardani sebagai Presiden Direktur PT. Mustika Ratu, Tbk.

Walau usianya semakin bertambah, Ibu Mooryati Soedibyo masih selalu tampil prima, cantik, rapi dan memikat. Beliau tampak terlihat awet muda jika dibandingkan dengan usianya. Beliau juga tercatat oleh MURI sebagai peraih gelar doktor tertua di Indonesia. Beliau sering memberi tiga resep bugar dan awet mudanya, yaitu olahraga “Olahraga adalah kunci sehat bagi semua orang. Dengan rajin berolahraga, tubuh tidak hanya dapat mengeluarkan racun-racun tetapi juga dapat memproduksi hormon-hormon pemicu rasa bahagia seperti dopamin dan serotonin”. Yang kedua adalah tidur tepat waktu dan yang ketiga adalah rajin minum jamu. “Sejak muda saya rajin minum jamu, Saat ini pun saya masih rajin. Saya biasanya minum beras kencur yang saya buat sendiri di rumah,” kata Mooryati.

Profile DR. Hj. BRA. Mooryati Soedibyo,S.S, M.Hum
  • Sejak tahun 1978 hingga 2010 menjabat sebagai Presiden Direktur Peseroan.
  • Tahun 1992 sampai sekarang menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Puteri Indonesia, Pemegang Franchise Miss Universe.
  • Tahun 1999 sampai sekarang menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Spa Indonesia (ASPI).
  • Tahun 2000 sampai sekarang menjabat sebagai Ketua Umum Cidesco Indonesia.
  • Tahun 2003 menyelesaikan Pendidikan Pasca Sarjana Program Studi Linguistik Sastra Inggris Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta.
  • Pada bulan Juni 2003 memperoleh anugerah Best of the Best Enterpreneur of the Year dari Institusi International Ernst & Young.
  • Tahun 2004-2009 menjabat sebagai Wakil Ketua MPR Republik Indonesia dan sebagai Dewan Perwakilan Daerah Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
  • Tahun 2007 menyelesaikan Program Doktoral Fakultas Ekonomi Jurusan Strategic Management Universitas Indonesia.
  • Beliau juga masuk sebagai urutan nomor 7 dalam daftar 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia 2007 versi majalah Globe Asia