Dua Generasi PT Mustika Ratu Tbk.

Pendiri sekaligus perintis Mustika Ratu, Hj. DR BRA Mooryati Soedibyo SS.,M.Hum bersama putri keduanya, Putri Kuswisnu Wardani yang kini menjabat sebagai Presiden Direktur Mustika Ratu. Terhitung mulai tahun 2011 lalu, BRA Mooryati Soedibyo menyerahkan tampuk pimpinan di perusahaannya, PT Mustika Ratu, kepada anak keduanya, Putri Kuswisnu Wardani. Dia perlu 25 tahun untuk mengader anaknya agar siap memimpin perusahaan kosmetik milik keluarga tersebut.

Menurut perempuan kelahiran Solo, 5 Januari 1928, tersebut, peralihan kepemimpinan merupakan bagian dari impian di balik pembentukan perusahaan. Dengan demikian, lewat suksesi, tercapailah impian yang dicita-citakan para pendiri. “Salah satu kunci sukses perusahaan adalah suksesi yang berjalan baik,” tuturnya.

Mooryati memaparkan, ada tiga tahap menuju kepemimpinan puncak yang harus dilewati. Yakni, konteks, proses, dan konten. “Secara konteks, saya memilih penerus yang mampu dan mau untuk beradaptasi meneruskan pengalaman dan pengetahuan serta bisa melanjutkan filosofi dan cita-cita para pendahulu,” tambah wakil ketua MPR periode 2004?2009 dari unsur DPD itu. Dia optimistis putrinya bisa menggantikan posisinya sekaligus memajukan Mustika Ratu. “Kini, bisnis keluarga ini beralih ke putri kedua saya,” kata ibu lima anak dari pernikahannya dengan almarhum Soedibyo Purbo Hadiningrat tersebut.

Selama 25 tahun dia mengader ahli waris perusahaannya itu. Putri memulai karir di posisi manajer promosi dan periklanan selama dua tahun. Lalu, setelah meraih gelar MBA di bidang business administration dari National University, Inglewood, California, dia menjabat manajer keuangan. Kemudian, secara bertahap posisinya terus naik hingga menjabat presiden direktur (CEO). Karir Putri kian cemerlang ketika mencetuskan produk kosmetik untuk kaum remaja, Mustika Puteri. Sampai kini, produk tersebut masih bertahan dan menjadi salah satu tulang punggung bisnis Mustika Ratu.